Mohon tunggu...
Muh Ridwan Dedy A
Muh Ridwan Dedy A Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa

Hobby Gaming

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Just In Time hingga Saat Ini

5 November 2022   22:12 Diperbarui: 5 November 2022   22:38 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Just In Time

Sistem Just In Time (JIT) adalah suatu sistem  dalam proses produksi dimana melakukan penghematan waktu dalam memenuhi permintaan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Perusahaan menggunakan sumber daya seefisien mungkin dan menekan waktu seefektif mungkin dalam proses produksi.

Produk yang dihasilkan disesuaikan dengan permintaan pelanggan, serta di kirimkan sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan dan tepat waktu yang tentukan oleh pelanggan/konsumen.

Tujuan Just In Time

Sistem Just In Time bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan menekan biaya yang dikeluarkan. Sistem Just In Time juga dibutuhkan untuk menghindari kelebihan produksi (over production ), yang merupakan pemborosan. Perusahaan melakukan sistem tersebut agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dan salah satu strategi dalam menghadapi perkembangan teknologi manufaktur.

Perkembangan Sistem Just In Time

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, perusahaan memerlukan sistem yang dapat membantu dan meningkatkan daya saing terhadap perusahaan lain. Sistem Just In Time mulai berkembang, salah satu manufaktur besar di Jepang di tahun 1970 an, yaitu Toyota Motor Company melakukan pengembangan sistem ini dan berhasil menekan tingkat persediaan hingga zero Inventory.

Hal ini kemudian menarik banyak perusahaan lain untuk mengembangkan sistem ini ke perusahaannya masing-masing. Contoh perusahaan lain yang mengembangkan sistem ini adalah Ford, General motor, Chrysler hingga ke perusahaan makanan cepat saji McDonald's.

Kesimpulan

Perusahaan yang berada dalam sistem Just In Time harus memperhatikan sumber daya manusianya, kebutuhan pasokan bahan baku dan penjadwalan distribusi produk kepada pelanggan. 

Pelatihan karyawan perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, memilih pemasok yang berjarak dekat karena dapat mempengaruhi jalannya produksi, dan membuat organisai-organisasi yang bertujuan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun