Mohon tunggu...
Bahasa

Makna Salam

9 Desember 2018   13:30 Diperbarui: 9 Desember 2018   13:35 119 0 0 Mohon Tunggu...

Sudah menjadi sebuah budaya, seseorang ketika bertemu dengan orang lain saling sapa. Dimana ada banyak cara orang menyapa seperti melambaikan tangan, senyum dan lain sebagainya. Ketika seseorang disapa orang lain, pastilah ia merasakan kesejukan sebuah sapaan tersebut. Dengan budaya inilah manusia hidup dengan harmonis serta tentram. 

Dalam agama Islam, seorang muslim ketika bertemu saudaranya semuslim hendaklah mereka saling menyapa. Sapaan dalam agama Islam yaitu dengan cara mengucapkan salam. Bahkan mengucapkan salam dan menjawabnya merupakan hak bagi setiap umat muslim. Rasulullah bersabda "hak seorang muslim atas sesama muslim ada 6, jika kamu bertemu dengan saudaramu semuslim maka ucapkanlah salam kepadanya..." Dengan mengucapkan salam, solidaritas dan kasih sayang sesama umat muslim akan terjaga. 

Salam yang diucapkan berbunyi "Assalamu'alaikum warahmaatullahi wabarakatuh" yang berarti "semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah pada kalian." 

Kemudian jawabannya berbunyi "Wa'alaikumussalam warahmaatullahi wabarakatuh" yang berarti "dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah juga pada kalian." Begitu indah dan harmoninya ajaran-ajaran yang ada dalam agama islam. 

Rasulullah saw bersabda, yang artinya "tidak akan masuk syurga sehingga kalian beriman, dan tidak akan beriman sehingga kalian saling mencintai, maukah aku tunjukkan kepada kalian akan sesuatu yang jika kalian melakukannya maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian." Hadits ini menunjukkan bahwa dengan menyebarkan salam akan medatangkan cinta yang kemudian menciptakan keimanan hingga mengantarkan kita menuju kenikmatan yang abadi yaitu syurga. 

Dengan mengucapkan salam, itu berarti kita mendoakan saudara kita akan keselamatan, rahmat dan berkah. Begitu pula menjawabnya, berarti kita membalas doa tersebut. Sehingga dengan mengucapkan dan menjawab salam menunjukkan kita saling mendo'akan satu sama lain.

VIDEO PILIHAN