Mohon tunggu...
mufida rahma
mufida rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - tetap sehat

Mufida Rahma 21107030033 Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Balai Latihan Kerja (BLK) Sleman Menylenggarakan Pelatihan Soft Skill Angkatan ke-2 sebagai Implementasi Dana APBN Tahun 2022

24 Mei 2022   23:05 Diperbarui: 24 Mei 2022   23:09 440 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Balai Latihan Kerja (BLK) Sleman menylenggarakan kegiatan diklat soft skill angkatan ke-2 tahun 2022. Kegitan ini merupakan salah satu dari serangkaian program kegiatan pelatihan berbasis kompetensi implementasi dana APBN Tahun 2022. Pada bulan April 2022 sendiri Balai Latihan Kerja (BLK) Sleman membuka pendaftaran program pelatihan Angkatan ke-2 tahun 2022. Program pelatihan ini dapat diikuti oleh seluruh warga masyarakat Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau berusia minimal 17 tahun dengan cara mendaftarkan diri serta mengikuti serangkaian seleksi. Program pelatihan berbasis kompetensi angkatan ke-2 tahun 2022 ini membuka 7 cabang pelatihan, meliputi:

  • Desain Grafis
  • Las listrik 1G
  • Service mobil injeksi
  • Operator Computer/ Practical Office Advance
  • Finishing Kayu Teknik Semprot
  • Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga
  • Pengoperasian Mesin Baut

Syarat dan ketentuan bagi calon peserta yang ingin mendaftar kprogram pelatihan berbasis kompetensi dana APBN, meliputi:

  • Usia 17-45 tahun
  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Tidak sedang bekerja atau memiliki pekerjaan
  • Bersedia mengikuti pelatihan sampai selesai
  • Memiliki ijazah minimal SD

Pembukaan program kegiatan pelatihan berbasis kompetensi dana APBN dilaksanakan pada Senin 23, April 2022 oleh kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Sleman yaitu Rina Pandu Pertiwi. Kemudian para peserta pelatihan akan diberikan pelatihan soft skill selama 3 hari yang akan dilaksanakan pada tanggal 24, 25, dan 27 Mei 2022 di BLK Sleman. Seperti saat kegiatan PBK Dana APBN Angkatan 1, kali ini BLK Sleman menggandeng lembaga training MappingQu untuk menyukseskan kegiatan pelatihan soft skill ini.

dokpri/ MC Mufida&Fatmawati
dokpri/ MC Mufida&Fatmawati

Pelatihan soft skill BLK hari pertama digelar dengan penuh antusias para seluruh peserta pelatihan yang berjumlah kurang lebih 100 orang dari berbagai macam kalangan. Hari pertama ini BLK Sleman yang dibantu oleh MappingQu team menylenggarakan kegiatan dimulai pukul 07.30-12.00 WIB. Acara ini dimulai dan dipandun oleh MC yakni Mufida Rahma dan Fatmawati Aisyah dari MappingQu team. Kemudian diberikan arahan secara langsung oleh kepala bagian tata usaha BLK Sleman yakni bapak Arif Mastori, S.Si., M.Eng. "kegiatan pelatihan soft skill ini dilaksanakan dengan tujuan menambah bekal dan wawasan bagi para peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan selama beberapa bulan kedepan. Diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik" tutur pak Arif saat membuka dan memberikan pengarahan kegiatan.

dokpri/ Ahmad DN Khalim, M.Pd.
dokpri/ Ahmad DN Khalim, M.Pd.

Kemudian acara selanjutnya setelah pengarahan dari Bapak Arif, yakni penyampaian materi pelatihan soft skill yang pertama. Materi yang pertama adalah "Citra Kerja Positif" yang disampaikan oleh bapak Ahmad DN Khalim, M.Pd. seorang motivator yang sekaligus adalah seorang dosen Institut Ilmu Al-Qur'an An-Nur Yogyakarta. 

dokpri/ Dra. Dewi Sri Hidayati
dokpri/ Dra. Dewi Sri Hidayati

Materi kedua yakni performa dan citra profesional yang dibawakan oleh Ibu Dra. Dewi Sri Hidayati. Perlu diketahui bersama bahwa Ibu Dewi atau Mrs. Dewi sapaan hangatnya, adalah seorang guru mata pelajaran bahasa inggris di MAN 3 Sleman sekaligus kepala asrama Muntasyirul Ulum. Beliau menyampaikan materi perfoma dan citra profesional kepada seluruh peserta dengan harapan seluruh peserta dapat membangun citra yang baik saat bekerja nantinya. 

dokpri/ Nur Wahyudin Al Azis, M.Pd.
dokpri/ Nur Wahyudin Al Azis, M.Pd.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan