Mohon tunggu...
Mudofal
Mudofal Mohon Tunggu... Bukti untuk dinyatakan

Mahasiswa UIN SMH Banten

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Rawan Macet Menuju Perubahan

16 Juni 2019   17:11 Diperbarui: 16 Juni 2019   17:19 9 0 0 Mohon Tunggu...

Di jalan Pasar Baros ada perubahan yang mana jalan tersebut terkenalnyarawannya kemacetan, dan sekarang kendaran yang beroda dua maupun yang beroda empat tidak adanya kendala dalam perjalanannya, oleh karenanya dengan adanya tindakan dari pemerintah masyarakat sangat senang dengan adanya perbaikan ataupun pembenahan dibahu jalan, apalagi sangat dekatnya dengan pasar Baros terkadang suka sedikit tersendat dalam perjalan.

Dengan adanya perbaikan ini menjadi perbincangan masyarakat karena seringnya kemacetan dijalan pasar Baros dan sekarang mengalami kelancaran dalam perjalanannya, begitu juga yang saya alami, yang mana waktu itu jalan  menuju Serang sering terhambat dijalan pasar Baros Kabupaten Serang begitu juga menuju jalan pandeglang sama halnya kemacetan tersebut.

Kemacetan ini timbul karena bahu jalan yang dipake parkir liar serta menumpuknya sampah dari pembuangan para pedagang pasar tersebut, Seringnya kemacetan mengundang perhatian pemerintah. Sehingga tempat rawan kemacetan tersebut langsung dibenahi dan diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena banyak hal yang menyebabkan kemacetan tanpa henti ,

Hal ini disebabkan bahu jalan banyak dipake parkir sembarangan seperti beroda dua ataupun beroda empat, dan para pedagang yang jualan dibahu jalan, sehingga kendaraan yang berhenti dan memarkirkan kedaraannya dibahu jalan sehingga sering terjadi kecelakan kecil meskipun begitu sangat berpengaruh buruk kepada pengguna jalan, yang mana hal tersebut mengakibatkan kemacetan. Yang mana seharusnya bahu jalan untuk pejalan kaki disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu saja yang menyebabakan kemacetan banyak kendaraan yang berhenti seenaknya, hal itu terjadi karena banyaknya penyebrangan oleh kendaraan beroda dua dan beroda empat, begitu juga penjalan kaki, oleh karenanya sering terpotong jalan menuju Serang ataupun menuju jalan pandeglang karena banyaknya yang menyebrang kejalan arah Petir. Sehingga menimbulkan kemacetan.

Dan pada hari senin bertepatan tanggal 8 April 2019 pukul 14:34 WIB. Pemerintah melakukan pembenahan dan perbaikan dilakukan oleh Dinas Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) khususnya dititik kemacetan seperti bahu jalan yang sering dipake parkir sembarangan yang seharusnya untuk pejalan kaki. Begitu juga dengan banyak sampah dibahu jalan karena dijadikan tempat pembuangan sampah oleh para pedagang, yang mana hal tersebut menimbulkan becek serta bau dari pembuangan sampah tersebut. Sehingga ketidak nyamanan bagi kendaran apalagi kendaran bermotor. Menurut samsu pengendara motor mengatakan "seharusnya dibuatkan secara khusus apalagi sampah yang semakin lama sampah akan membusuk dan menimbulkan becek bagi penjalan kaki, serta ketidak nyamananya karena bau sampah tersebut.

Meskipun perekonomian pasar harus tetap jalan, tapi jangan lupa dengan masyarakat sekitar. Kerana masyarakat mempunyai hak yang seharusnya, Dan oleh karenanya pemerintah melakukan pembenahan terhadap perbaikan dibahu jalan tersebut. Dengan memasangnya balok betoon dipembatas jalan dengan pasar, balok pembatas ini membuat para pedagang yang dulunya jualan dibahu jalan tidak kembali lagi. Begitu juga dengan para pedagang yang sering membuang sampah dibahu jalan sehingga sampai menumpuk sampah tersebut.

Setelah mengalami pembenahan dan perbaikan jalan kemacetan berkurang serta lancar dalam perjalanannya, dan juga bahu jalan tidak mengalami kendala yang dialami sebelumnya, seperti halnya becek dan bau sampah yang menumpuk dibahu jalan. Dan pengguna jalan beroda ataupun pejalan kaki senang atas pembenahan kemacetan dijalan Pasar Baros kabupaten Serang.

Begitu juga dengan penyebrangan yang mau ke arah petir sekarang ini ditutup dengan balok plastik. Sehingga tidak menimbulkannya tersedatnya para pengendara, Yang mana sebelumnya sering tersedatnya para pengendara. Karena banyaknya para pengendara yang berhenti dan menyebrang seenaknya. Dan sehingga lalu lintas juga jadi lancar, Dan tertutup.

VIDEO PILIHAN