Mohon tunggu...
Siti Mudhofaroh
Siti Mudhofaroh Mohon Tunggu... Guru - Ds.Srikaton kec jaken

Masih dalam prose belajar.. Semoga bisa lebih semangat lagi dalam membuat tulisan lagi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai-nilai Kewirausahaan pada Pendidikan di SD Negeri Srikaton 02

26 Januari 2021   22:33 Diperbarui: 26 Januari 2021   22:51 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Pendahuluan
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3, menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berkaitan dengan ketercapainya tujuan pendidikan nasional terutama yang mengarah pada pembentukan sikap dan perilaku kewirausahaan peserta didik, selama ini belum dapat diketahui secara pasti.
Nilai-nilai kewirausahaan dalam masa seperti ini.  Dirasa sangat penting terutama dilakukan di wilayah dunia pendidikan khususnya di kalangan siswa sd. Nilai-nilai kewirausahaan di Sd N Srikaton 02 merupakan langkah konkrit dalam mengantisipasi dan mempersiapkan generasi muda yang mempunyai jiwa wirausaha dalam menghadapi persaingan globalisasi.

B. Metode Penelitian
Penelitian tentang penanaman nilai-nilai kewirausahaan di SD Negeri Srikaton 02 ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.  Metode yang digunakan peneliti bertolak pada pertanyaan " How atau Why " tipe studi kasus dalam penelitian ini adalah deskriptif sangat baik dipergunakan untuk menggambarkan dan menemukan fenomena kunci seperti kemajuan karir, prestasi dan berbagai realitas yang muncul di Sd Negeri Srikaton 02 kecamatan Jaken.

C. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan
Pada sekolah dasar penanaman nilai-nilai bukan pada tataran konsep atau teori-teori ,artinya nilai-nilaitersebut tidak dijadikan pokok pembahasan yang diajarkan sepertihalnya ketika guru mengajarkan suatu konsep,teori,prosedur ataupun fakta seperti dalam mata pelajaran IPA,IPS,PKN,AGAMA dsbg.Akantetapi,penanaman nilai-nilai kewirausahan di integrasikan kedalam setiapmata pelajaran melalui materi,metode,penelitian.

Rengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dan pembelajaran dikelas maupun diluar kelas.Guru tidak perlu mengubah pokok bahasan yang sudah ada untuk menanamkan pokok-pokok nilai kewirausahaan,digunakan metode pembelajaran aktif menyenangkan dalam proses pembelajaran.Penggunaan metode pembelajaran tersebut mengisyaratkan bahwa nilai-nilai tersebut kegiatannya di lakukan oleh peserta didik.
SD Negri Srikaton 02 Jaken Pati dalam praktik,untuk menanamka nilai-nilai kewirausahaan peserta didik ada beberapa cara yang di lakukan antara lain:
a.kegiatan belajar mengajar
b.budaya sekolah
c.ekstra kurikuler
d.muatan local

1.Pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan kedalam mata pelajaran
 pengintegrasian nilai-nilai kewirausahan kedalam mata pelajaran di SD Negri Srikaton 02 kec.Jaken dalam praktiknya dikelas sudah mencerminkan kegiatan tentang nilai-nilai kewirausahan.Dari hasil wawancara secara virtual.kegiatan dalam penanaman nilai-nilai kreatif yaitu guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorer imajinasi mereka sendiri ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Tahap awal dalam penanaman nilai-nilai kewirausahaan di SD Negri Srikaton 02 kec,Jaken yaitu dengan memilih enam nilai pokok kewisausahaan yaitu: mandiri,kreatif,orientasi pada prestasi,berani mengambil resiko,kreatif kepemimpinan,dan kerja keras.Bisa juga dengan menanamkan nilai diluar enam nilai pokok tersebut antara lain jujur,disiplin,rendah hati,dan peduli lingkungan.

2.Budaya Sekolah
Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dalam budaya sekolah diantaranya melalui kegiatan rutin,kegiatan sepontan,teladan. Kegiatan rutin dalam sekolah kegiatan terjadwal dalam sekolah di SD Negri srikaton 02 adalah kegiatan upacara setiap hari senin.Melihat kegiatan penanaman nilai-nilai kewirausahaan yaitu dari dala petugas upacara ,yang dilakukan secara bergiliran pada setiap kelas.
Budaya dari kegiatan sepontan kegiatan sepontan ialah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika melihat siswa melakukan kesalahan,guru tidak segan untuk menegur siswa yang berbuat kesalahan.

Di SD Negri Srikaton 02 keteladanan terlihat hampir semua guru memberikan keteladanan tentang nilai-nilai kewirausahaan.Kegiatan keteladanan yaitu dengan cara antaranya kepala sekolah datang kesekolah tepat pada waktunya.Secara tidak langsung keteladanan kepala sekolah memberikan contoh kepada guru dan peserta didik.

3.Ekstrakurikuler
 Di SD Negri Srikaton  02 terdapat banyak kegiatan ekstrakulikuler.Beberapa kegiatan bias memuat nilai-nilai kewirausahaan,salah satunya adalah pramuka .Dalam pramuka terdapat kegiatan baris berbaris,kegiatan tersebut dinamakan nilai kepemimpinan .Indikator pada kepemimpinan salah satunya adalah mampu mengkordinir teman-teman.Kegiatan baris berbaris yang bertugas mengkordinir barisan adalah ketua barisan .Ketua dalam hal ini telah menanamkan nilai-nilai kepemimpinan.

4.Muatan Lokal
terakhir  penanaman nilai-nilai kewirausahaan yaitu muatan local.Mmuatan local yaitu mata pelajaran yang berdiri sendiri dengan mengembangkan kemampuan yang dianggap perlu untuk dipelajari didalam mata pelajaran sekolah.Dlam memuat beberapa karakteristik yang dimiliki daerah tersebut.
SD Negri Srikaton 02 penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui muatan lokal di temui pada pendidikan lingkungan hidup (PLH).Dari mata pelajaran PLH terdapat kegiatan dalam penanaman nilai-nilai kewirausahaan antara lain berkebun ,kegiatan setiap siswa menanamkan bibit dilahan yang telah di sediakan,pada beberapa bulan setiap panen tersebut bisa untuk dijual  dan di masukkan di kantin atau selanjutnya untuk diolah menjadi makanan.Dari kegiatan tersebut,terlihat penanaman nilai-nilai kewirausahaan yaitu mandiri dan kerja keras siswa..

Dari hasil tersebut dikatahui bahwa SD Negri srikaton 02 dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan tidak langsung pada tataran konsep atau teori ,akan tetapi terjadi pengintegrasian nilai kesetiap mata pelajaran ,estrakurikuler,budaya pengembangan diri,dan muatan local.
 
Kesimpulan
Dari pembahasan dan hasil temuan penelitian tentang penanaman nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran di Sd N Srikaton 02 kecamatan Jaken, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
a. Nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan fi Sd N Srikaton 02 diantaranya adalah nilai mandiri, nilai kreatif, nilai orientasi pada prestasi,  nilai berani mengambil risiko, nilai kepemimpinan, nilai kerja keras, nilai jujur, nilai disiplin dan komunikatif.
b. Cara penanaman nilai-nilai kewirausahaan di Sd N Srikaton 02 dilaksanakan dengan cara:
- Pengintegrasian nilai-nilai kedalam mata pelajaran
-Budaya sekolah
-Ekstra kulikuler
- Muatan lokal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun