Mohon tunggu...
mudhafarsyah eka nanda
mudhafarsyah eka nanda Mohon Tunggu... Aktivis, Enterpreneur dan Analis Kebijakan Publik

Arsyah Nanda adalah nama panggilan Mudhafarsyah Eka Nanda yang dikenal sebagai pendiri perusahaan ekonomi kreatif Cipta Diaspora Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan UMKM lintas negara. Saat Ini Arsyah Nanda sedang menyelesaikan studi kebijakan publik dan Ilmu pemerintahan di universitas Ankara Y.B Sembari menjadi penggiat kegiatan sosial di komunitas Learn From Turkey yang bergerak di bidang literasi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Komunitas Learn From Turkey Hadirkan Webinar tentang Sejarah Hagia Sophia

27 Juli 2020   08:41 Diperbarui: 27 Juli 2020   08:52 19 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunitas Learn From Turkey Hadirkan Webinar tentang Sejarah Hagia Sophia
dok. Komunitas Learn From Turkey

Pembahasan tentang isu mengenai perubahan status Hagia Sophia mengundang pro kontra di seluruh dunia. Keputusan presiden Erdoan pun dimakanai beragarm oleh masyarakat dunia. 

Mereka yang pro berpendapat Hagia Sophia adalah aset wakaf yang semestinya penggunaannya dipentukkan sesuai pemberi wakaf tersebut. Sementara mereka yang kontra berpendapat Hagia sophia adalah simbol toleransi. Lalu bagaimana seharusnya menyikapi hal ini?

Komunitas Learn From Turkey sebagai salah satu komunitas ke-Turkian terbesar di Indonesia menghadirkan webinar yang bertajuk "Sejarah Hagia Sophia" untuk membahas hal ini secara lengkap. Webinar yang dinarasumberi oleh Muhammad Haykal, Mahasiswa Pascasarjanan Jurusan Sejarah Islam, Universitas Marmara, Turki. Webinar ini sukses diselenggarakan dengan dihadiri oleh 848 peserta dari berbagai instansi di seluruh Indonesia.

Muhammad Haykal menjelaskan pada akhirnya pengubahasan status hagia sophia harus dipahami secara objektif dari berbagai perspektif sudut pandang. Tidak bisa hanya dengan perspektif tunggal karena peranan hagia sophia yang tidak hanya sebagai bangunan namun juga merupakan simbol dari sebuah peradaban yang berusia sangat tua di dunia. 

Keputusan pengubahan hagia sophia merupakan keputusan pemerintah Turki yang biar bagaimanapun tentu saja dapat tetap berlanjut ataupun berubah sesuai dengan pergantian kekuasaan di Negara tersebut.

Keterangan pembelian hagia sophia diragukan kebenarannya karena ketiadaan sumber yang valid yang pernah ditemui. Namun euforia masyarakat muslim dunia tentang pengubahan status hagia sophia juga begitu menarik untuk ditelaah lebih lanjut sebagai sebuah momentum dalam sejarah Turki modern. 

Di akhir sesi Muhammad Haykal juga menjelaskan dampak yang mungkin muncul setelah keputusan ini ditetapkan dan potensi apa saja yang dapat muncul setelahnya.

Pada akhirnya status hagia sophia tetaplah akan menjadi prokontra yang akan selalu menarik untuk dibahas dari berbagai sudut pandangnya. Kunjungi juga instagram komunitas @learnfromturkey untuk mendapatkan berbagai informasi menarik tentang Turki.

VIDEO PILIHAN