Mohon tunggu...
Mudayat Haqi
Mudayat Haqi Mohon Tunggu... Dosen - BERKARYA DAN BERMANFAAT

Dosen Tetap Stiamak Yayasan Barunawati Biru Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Demi Waktu... Usiaku Sudah 50

18 Januari 2021   12:10 Diperbarui: 18 Januari 2021   12:22 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahu-tahu usiaku sudah 50 tahun alias setengah abad. Padahal kisah masa kecilku bersama orang tuaku tercinta masih terngiang di depan mata. 

Saat masih SD sering dibonceng bapak dengan menggayuh sepeda angin beli rawon di pasar Krembung Sidoarjo dan juga masih teringat diajak emak(ibu) ke pasar Bulang yang terkenal jajan kleponya untuk berjualan telur ayam piaraan sendiri. 

Tapi, estafet perjalanan dengan kedua orang tua saya bisa dibilang tak begitu lama karena keduanya meninggal pada tahun yang sama saat saya masih duduk kelas 5 SD. Akhirnya saya hidup bersama Bude(saya panggil Embah/nenek) karena saya tidak punya saudara alias anak tunggal.

Dengan modal semangat juang lulus SDN I Janti, melanjutkan ke SMPN Tulangan, dan SMAN Krembung. Saat di SMA pikiran hati berkecamuk pingin kuliah biaya dari mana...pingin kerja, kerja apa.... Akhirnya dengan modal "BONEK"(istilah sekarang):" Bondo Nekad Kreatif" diterima kuliah di IKIP Negeri Surabaya(UNESA) jurusan Bahasa dan Sastra. Alhamdulillah dapat beasiswa. Karena jurusan sastra, makanya saat itu suka nulis puisi. 

Tahun 1990 saat kuliah semester II, saya diikutkan lomba cipta puisi SEJATIM oleh dosen saya, Pak Wawan Setiawan, Pak Leo Alm, dan Pak Suyono Alm. Judulnya "Perjanjian" dan terpilih menjadi juara I, liriknya seperti ini, "Dulu aku datang bukan tak sengaja. Dulu aku datang bukan kebetulan. Dulu aku datang karena kuasa gaib-Mu. Aku telah dipesan pada sepotong perjanjian antara datang dan pergi. Ada dan tiada adalah sebuah perjanjian."

Singkat cerita lulus kuliah bekerja...terus menikah...dikaruniai 4 anak...tahu-tahu sudah umur 50 tahun. Dan, mulai tahun 2003 sampai sekarang saya abdikan diri bekerja di kampus STIAMAK, seperti pada foto dokumen pribadi bersama Bapak Ketua STIAMAK, Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, M.Sc selaku pegawai aktif PT PELINDO III(PERSERO), juga Bapak Ibu Dosen, adik-adikku Tendik supertim semua.

(1)Demi waktu (2) Sesungguhnya manusia dalam kerugiaan (3) Kecuali, orang yang beriman, beramal sholih, dan saling menesihati dalam kebenaran dan kesabaran(Al 'Ashr). Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun