Mohon tunggu...
Egi Harsono
Egi Harsono Mohon Tunggu... Freelancer - SEO Specialist

Saya adalah seorang yang menggeluti bidang digital, dunia digital marketing dan SEO. Aku juga suka menulis, bermain video games, membaca artikel.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Pengertian, Cara Kerja, dan Penerapan pada Internet of Things

28 Agustus 2019   17:17 Diperbarui: 28 Agustus 2019   17:29 20180 1 0 Mohon Tunggu...

Berkembangnya teknologi internet of things saat ini, menjadi perhatian bagi semua masyarakat tentunya di Indonesia. Berbagai kegiatan atau aktivitas sudah bisa dibantu dan diselesaikan dengan mudah oleh teknologi. Contoh jika kita lihat di luar negeri, ada mobil pintar (smart car). Mobil ini bisa jalan sendiri ke lokasi yang telah ditetapkan melalui aplikasi dan tanpa pengemudi didalamnya.

Kemudian ada mesin pintar Alexa, mesin ini dapat bersuara seperti manusia untuk mengingatkan semua kegiatan yang Anda jadwalkan. Semua teknologi yang saya sebutkan diatas termasuk bagian dari Internet of Things.

Pengertian Internet of Things

Internet of Things adalah sebuah konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan wifi, jadi proses ini tidak memerlukan interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Semua sudah dijalankan secara otomatis dengan program.

Internet of Things biasa disebut dengan IoT. Dan teknologi ini sudah berkembang pesat mulai dari teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS) dan internet.

Tidak hanya itu, IoT juga diidentifikasi dengan RFID untuk metode komunikasinya. Dan IoT dapat mencakup teknologi -- teknologi lainnya seperti sensor, nirkabel maupun kode QR. Kemampuan dari Internet of Things bermacam -- macam, mulai dari berbagi data dan menjadi remote control.

Beberapa Unsur Pembentuk Internet of Things
Ada beberapa unsur pembentuk IoT dalam membuatnya, termasuk kecedasan buatan, sensor, konektivitas dan berbagai pemakaian perangkat yang ukurannya kecil. Dibawah ini saya akan berikan penjelasannya.

Sensor -- Sendor disini merupakan pembeda yang menjadikan uniknya IoT dibanding mesin canggih lain. Sensor ini dapat mendefinisikan instrument program dan mengubah IoT dari jaringan standart menjadi suatu sistem aktif yang bisa di intergrasikan ke aktivitas sehari -- hari.

Konektivitas -- Konektivitas dalam IoT adalah membuka untuk jaringan baru dan jaringan khusus IoT. Jadi jaringan ini tidak terikat dengan penyedia jaringan. Jadi jaringan tidak harus mahal dan skala yang besar. Konektivitas yang digunakan bisa menggunakan skala kecil yang lebih murah. Karna IoT bisa membuat jaringan kecil ini berada di antara sistem.

Perangkat yang Berukuran Kecil -- Perangkat kecil ini dapat mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT. Dan teknologi memang seperti itum makin kecil makin murah dan lebih kuat.

Cara Kerja Internet of Things

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN