Mohon tunggu...
H. Muchtar Bahar
H. Muchtar Bahar Mohon Tunggu... Penulis - Ingin hidup lebih lama untuk berbagi

Alumni IAIN Imam Bonjol Padang. Sebelum merantau ke Jakarta tahun 1974, merasakan menjadi anak jalanan, di Pasar Jawa Padang. Berkesempatan mengikuti studi non degrre di International Institute Rural reconstruction (IIRR) Silang, Cavite, Philippines dan post graduate special program tentang ”NGO and Urban Development” di Institute of Housing Studies (IHS), Rotterdam. Mengikuti pelatihan dan seminar di Paris, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Penang, Nepal dan dalam negeri. Dipanggil ”babe” oleh sejawatnya di LSM. Mengikuti Pelatihan Peneliti Muda di LP3ES dan Tim Program LP3ES hingga tahun 1988. Tahun 1989 merintis Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sosial Ekonomi (LPPSE), menjabat sebagai Ketua, hingga tahun 1995 dan pada tahun itu merintis Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS). Dipercaya sebagai Ketua Forum Pengembangan Koperasi (Formasi), Asosialsi Konsultan Pembangunan Perumahan dan Permukiman (AKPPI) wilayah Jabodetabek, Asosiasi Keuangan Mikro (AKM), dan Jaringan LSM Bidang Perkotaan. Menjadi konsultan UNDP untuk, Program P4K Departemen Pertanian-IFAD, Roma (2003-2004), P2KP, Penanggulangan bencana di Aceh (NAD) dan Nias, (ADB-Bina Swadaya, 2005-2006. Pendiri dan Pengurus IKBAL AMM Sumbar Jaya, Anggota Badan Pembina YPMUI. Penulis ”Direktori LSM dan Mitra 2000”, bersama Siswanto Imam Prabowo.SE, (LPPSE, 2001), Anggota tim Editor ”Direktori Orsos, Departemen Sosial”, yang diterbitkan Kementrian Sosial. Penulis dan Editor buku The Desire of Change Pemberdayaan”, dengan Siswanto Imam Prabowo.SE (LPPSE, 2013), Ketua Editor ”Mambangkik Batang Tarandam: Minangkabau di Tapi Jurang” dengan H. Albazar Arif, H.Taufik Bey, H.Farhan Muin (YPMUI, 2013). Menerbitkan kumpulan tulisan dengan judul; “Bersama Masyarakat, Menata Kota”, BMS, 2014. Sedang mempersiapkan buku humor; ”Ngakak Politikus dan Koruptor”, bersama Siswanto Imam Prabowo dengan ilustrator Dicksy Iskanda, Bersama dengan. H. Albazar Arif. Telah menerbitkan buku, ”Kucindan jo Kurenah Urang Awak”, bersama dengan H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar, 2015. Telah menyelesaikan buku, ”Hamba-Hamba Pilihan”, bersama dengan H. Albazar M Arif Sedang mempersiapkan buku “Humor Religius”, bersama H.Endang Basri Ananda, H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar. Menulis berbagai tulisan dan makalah serta modul pelatihan untuk usaha kecil, koperasi, ekonomi keluarga, fasilitator lembaga keuangan masyarakat dan penguatan masyarakat sipil. Tinggal di Jakarta dan diberikan amanah 4 orang anak dengan 10 orang cucu.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kapita Selekta Kisah-Kisah Ispiratif

9 Desember 2022   16:02 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:07 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Alhamdulillah atas karunia yang luar biasa yang telah diterima, sehingga dapat mempersiapkan naskah dan menerbitkan "Kapita Selekta Kisah-Kisah Inspiratif". tahun 2022 ini. Penyiapan naskah kami mulai setelah buku "Kisah-Kisah Inspiratif" rampung diterbitkan pada bulan Januari tahun 2021. Buku ini merupakan hasil kerja bereng dengan H.Albazar M Arif dan H Denny Agusta.

Buku "Kapita Selekta Kisah Kisah Inspiratif" mencakup 99 topik pilihan dengan keseluruhan mencapai  382 halaman, mendapat respos yang positif dari pembaca, baik teman,sahabat, keluarga, jejaring sosial penggiat pembangunan masyarakat dan pengutan ummat. Ungkapan yang kami terima seperti, "Singkat padat", "Bahasa lentur popular", "Konten yang menarik", "Kami gunakan sebagai bahan mengajar anak didik, kami petik sebagai bahan da'wah dan ilustrasi tausiah" dan komentar senada lainnya dari pembaca.

Buku tersebut didistribusikan secara terbatas, bagi keluarga, jiran, sahabat dan teman teman.  Termasuk karib jamaah masjid di Al Hurriyah Puri Indah dan Mesjid Baiturrahman, Serpong Natura City.

 Mereka itu mengharapkan akan muncul edisi berikutnya dengan isi yang lebih menarik, yang dikemukakan  oleh para teman, sahabat, keluarga dan pembaca. Menjawab harapakn itulah, kami mempersiapkan buku ini dengan sungguh-sungguh.

Sumber naskah buku ini dari medsos dan portal para sahabat yang selalu berbagi. Dengan catatan diawal atau  diakhir tulisan dikemukakan dengan jelas; seperti  "Silahkan share", se;uas-luasnya, "Semoga Bermanfaat",  dan dalam kalimat lain; "Bila anda membagi kan pada hamba Allah yang lain, akan memberi makna". Terutama untuk meningkat kan kualitas keberagamaan,  semangat serta kualitas hidup yang yang lebih baik, di ridhai Allah. Melengkapi nya, sebagian topik laindalam buku ini,  ditulis oleh penulis

Sama dengan buku pertama, buku ini diterbitkan secara swadaya, dukungan Yayasan Pembangunan Masyarakat Utama Indonesia (YPMUI) dengan dukungan Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS Foundation), lembaga nir laba lain, serta kontributor serta bantuan para sahabat.

Cakupan isi buku ini terbagi dalam  enam bagian (BAB) dengan keseluruhan topik mencapai 64 judul, total jumlah halaman nya mencapai 382 halaman. Keenam BAB  itu adalah; Keiklasan, Kepedulian, Hamba Peduli, Bakti Pada Orang Tua, The Miracle of Sedekah, Motivasi dan Prestasi.

Terima kasih pada konbtributor, penyedia informasi dan doa nya sehingga buku ini memungkinkan diterbitkan. Bilamana ada yang berminat untuk membantu biaya penerbitan buku ini, silahkan kontak YPMUI  atau penulis. 0811 10 42 49 -- 0812 803 666 39, medsos/WA Orang Tua Asuh YPMUI dan Medsos/WA, IKBAL AMM SUMBAR JAYA. facebook BMS Foundation. Buku ini tidak diperjual belikan, namun sekira nya ada yang berinfak silahkan.

Semoga buku  ini memberikan inspirasi bagi pembaca, keluarga, komunitas, lembaga pendidikan dan da'wah. Silahkan sampaikan kirtik, saran nya, untuk penyempurnaan cetakan berikutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun