Mohon tunggu...
H. Muchtar Bahar
H. Muchtar Bahar Mohon Tunggu... Ingin hidup lebih lama untuk berbagi

Alumni IAIN Imam Bonjol Padang. Sebelum merantau ke Jakarta tahun 1974, merasakan menjadi anak jalanan, di Pasar Jawa Padang. Berkesempatan mengikuti studi non degrre di International Institute Rural reconstruction (IIRR) Silang, Cavite, Philippines dan post graduate special program tentang ”NGO and Urban Development” di Institute of Housing Studies (IHS), Rotterdam. Mengikuti pelatihan dan seminar di Paris, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Penang, Nepal dan dalam negeri. Dipanggil ”babe” oleh sejawatnya di LSM. Mengikuti Pelatihan Peneliti Muda di LP3ES dan Tim Program LP3ES hingga tahun 1988. Tahun 1989 merintis Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sosial Ekonomi (LPPSE), menjabat sebagai Ketua, hingga tahun 1995 dan pada tahun itu merintis Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS). Dipercaya sebagai Ketua Forum Pengembangan Koperasi (Formasi), Asosialsi Konsultan Pembangunan Perumahan dan Permukiman (AKPPI) wilayah Jabodetabek, Asosiasi Keuangan Mikro (AKM), dan Jaringan LSM Bidang Perkotaan. Menjadi konsultan UNDP untuk, Program P4K Departemen Pertanian-IFAD, Roma (2003-2004), P2KP, Penanggulangan bencana di Aceh (NAD) dan Nias, (ADB-Bina Swadaya, 2005-2006. Pendiri dan Pengurus IKBAL AMM Sumbar Jaya, Anggota Badan Pembina YPMUI. Penulis ”Direktori LSM dan Mitra 2000”, bersama Siswanto Imam Prabowo.SE, (LPPSE, 2001), Anggota tim Editor ”Direktori Orsos, Departemen Sosial”, yang diterbitkan Kementrian Sosial. Penulis dan Editor buku The Desire of Change Pemberdayaan”, dengan Siswanto Imam Prabowo.SE (LPPSE, 2013), Ketua Editor ”Mambangkik Batang Tarandam: Minangkabau di Tapi Jurang” dengan H. Albazar Arif, H.Taufik Bey, H.Farhan Muin (YPMUI, 2013). Menerbitkan kumpulan tulisan dengan judul; “Bersama Masyarakat, Menata Kota”, BMS, 2014. Sedang mempersiapkan buku humor; ”Ngakak Politikus dan Koruptor”, bersama Siswanto Imam Prabowo dengan ilustrator Dicksy Iskanda, Bersama dengan. H. Albazar Arif. Telah menerbitkan buku, ”Kucindan jo Kurenah Urang Awak”, bersama dengan H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar, 2015. Telah menyelesaikan buku, ”Hamba-Hamba Pilihan”, bersama dengan H. Albazar M Arif Sedang mempersiapkan buku “Humor Religius”, bersama H.Endang Basri Ananda, H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar. Menulis berbagai tulisan dan makalah serta modul pelatihan untuk usaha kecil, koperasi, ekonomi keluarga, fasilitator lembaga keuangan masyarakat dan penguatan masyarakat sipil. Tinggal di Jakarta dan diberikan amanah 4 orang anak dengan 10 orang cucu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbagi Ilmu

27 Februari 2021   11:50 Diperbarui: 28 Februari 2021   07:41 83 1 0 Mohon Tunggu...

Alhamdulillah 23 Februri 2021 pagi saya ke rumah Bpk. Amir, MS, rahimahullah ketemu istri beliau Ibu Hj.Sri Elsih Sulastri, di Komplek Perummahan Sekneg Lama, Cidodol, Jakarta Selatan. Keluarga Bpk Amir MS adalah donatur tetap SMP IT Almuttaqiin Bogor, Pesantren Al Hafidz, di Lawang Sumatera Barat dan ladang amal lainnya.

Dua bulan sebelum nya Ibu Hj. Sri memberi tahu bahwa beberapa kardus buku perpustakaan Bpk Amir MS, termasuk karya beliau mau di hadiah kan ke sekolah di Bogor dan hamba Allah lain yang berminat. Tetapi kalau mau mengambil buku itu, setelah pulang ke kampung Payakumbuh nanti.

Minggu lalu saya hubungi ibu HJ. Sri dan mempersilahkan datang kapan saja. Empat kardus buku sudah disiapkan di ruang tamu rumah beliau yang bernuansa arsitektur Minangkabau. Buku yang diserah kan, saya lihat di rumah dapat di kategorikan menjadi enam kelompok buku.

1. Sejumlah karangan beliau tentang Adat Minangkabau.

2. Buku motivasi dan pengembangan sumber daya.

3. Buku referensi ubudiah dan muamalah Islamiah.

4. Buku buku manajemen usaha dan import dan export.

5. Buku bacaan populer tentang tokoh nasional, budaya, politik, hukum, hak asasi manusia dan sastra.

6.Selain itu juga terdapat puluhan buku tentang politik, budaya, perdagangan, keuangan, pengembangan ikepribadian dalam hahaha Inggris.

Ini adalah hadiah buku kedua yang di terima. Hadiah pertama di terima ketika Bpk Amir. Ms, masih sehat, tiga tahun yang lalu. Saya ingat kembali saat bertemu dengan H.Amir MS rahimahullah tiga tahun yang lalu. Beliau seorang tokoh Minangkabau peraih beberapa penghargaan Long Time Acievement Award dari PPM Book, dari Muhammadiyah, penghargaan Satya Lencana PEPERA dan dari Gebu Minang (lihat Amir MS, Penerima Long Time Achievement Award, PPM (Kompasiana.com, muchtar bahar, 6 Desember 2020).

Hibah buku ini saya "share" di medsos "Orang Tua Asuh", mendapat sambutan yang positif dari para sahabat yang tinggal di Padang, Medan, Jakarta, Bogor, Batam, Jogyakarta dan dari sahabat yang bermukim di negara jiran Malaysia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x