Mohon tunggu...
Muchlisyn DwiCahyo
Muchlisyn DwiCahyo Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA

HOBI SAYA MENULIS CERPEN SAYA SEKARANG SEBAGAI MAHASISWA DI SALAH SATU UNIVERSITAS DI PULAU MADURA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Filter Asap Pembakaran Sampah KKNT 103 UTM

5 Juli 2022   13:15 Diperbarui: 5 Juli 2022   13:28 421 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampah atau limbah merupakan suatu masalah pokok yang sedang terjadi saat ini. Proses pembakaran sampah di lingkungan terbuka dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak terkontrol dan menyebabkan gangguan-gangguan di lingkungan sekitar. Pada penelitian ini peneliti merancang dan membuat alat pembakar sampah (incinerator) yang bahan bakarnya menggunakan limbah oli bekas dengan menggunakan tungku burner sebagai sistem pembakaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja incinerator yang dibuat, parameter uji incinerator, temperatur tertinggi yang dihasilkan dari proses pembakaran yaitu limbah plastik kering dan daun kering serta kapasitas limbah yang bisa ditampung dalam ruang pembakaran (ruang chamber). 

Dari hasil rancang bangun alat pembakar sampah (incinerator) terdapat 5 bagian utama yaitu ruang pembakar utama, cerobong asap, ruang filterisasi, tangki bahan bakar dan tungku burner dengan spesifikasi ruang pembakar utama berdimensi 930 x 580 mm dengan volume sampah didalam ruang pembakaran 0,245 m3 atau 8 - 15 Kg sampah dalam satu kali pembakaran serta temperatur tertinggi didalam ruang pembakaran 443,20C untuk sampah daun kering dan 480,70C untuk sampah plastik kering adapun efesiensi alat incinerator yaitu 96,94% sampah daun kering dan 90,68% sampah plastik kering.

Pada penelitian kali ini dilakukan di laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan ialah dengan melakukan eksperimen langsung. Adapun diagram alir dalam proses penelitian ialah sebagai berikut :

 

Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu :

1. Mulai 

Perancangan alat

Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan 

Pembuatan alat incinerator

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan