Mohon tunggu...
Muchammad Roghib A
Muchammad Roghib A Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi

20107030003/UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Denzel Dumfries Penyelamat bagi De Oranje, Belanda Vs Ukraina: 3-2

14 Juni 2021   09:50 Diperbarui: 14 Juni 2021   10:01 119 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Denzel Dumfries Penyelamat bagi De Oranje, Belanda Vs Ukraina: 3-2
sumber gambar: https://ssl.gstatic.com/

Pertandingan putaran pertama grup C UEFA EURO 2020 berjalan sengit antara Belanda vs Ukraina. Digelar di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (14/06/2021) dini hari WIB berhasil dimenangkan oleh De Oranje, dengan skor 3-2.

Tiga gol belanda berhasil tercipta berkat sentuhan Georginio Wijnaldum di menit 52', Wout Weghorst di menit 58', dan Denzel Dumfries di menit 85' sebagai gol penentu kemenangan De oranje.

 Ukraina hanya mampu mencetak dua gol, yang masing-masing tercipta dari Andri Yarmolenko di menit 75' dan Roman Yaremchuck di menit 79'.

Tim asuhan Frank De Boer sangat mendominasi dalam pertandingan dini hari tadi, dengan possesion ball 68% berbanding dengan Ukraina 32%. Tercatat dalam pertandingan tersebut Belanda mampu membuat lima belas tendangan (7 tendangan ke arah gawang) dan ukraina yang hanya dapat membuat tujuh tendangan (5 tendangan ke arah gawang).

Dengan ini, De Oranje menduduki pringkat ke 2 klasmen grup C (kalah selisih gol dari Austria) dan Ukraina menduduki pringkat ke 3, tepat dibawah Belanda.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kick off babak pertama baru dibunyikan, kedua tim sudah saling menerapkan permainan cepat. Hampir saja pada menit kedua Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor, andai saja tak dibendung oleh kiper Ukraina Georgi Buschan. Aksinya yang indah dengan melewati tiga sampai empat pemain belakang Ukraina masih belum membuahkan hasil.

Tak lama berselang, pada menit kelima giliran Georginio Wijnaldum yang mendapatkan peluang untuk membuat gol. Namun, bola yang dioper Wijnaldum kepada Denzel Dumfries yang mempunyai ruang bebas di sisi kanan masih bisa ditepis oleh Georgi Bushchan.

De Oranje masih terus mencoba menekan pertahanan Ukraina. Di menit ke tujuh, lewat serangan cepat yang dibangun oleh Denzel Dumfries lewat sisi sayap kanan, yang kemudian bola diumpan tepat mengarah kepada Wijnaldum, masih belum membuahkan hasil, bola yang ditendang oleh Gini Wijnaldum masih melayang jauh di atas gawang Bushchan.

Tercatat dalam sepuluh menit babak pertama, tim asuhan Frank De Boer berhasil melepaskan 7 attempts, tanpa memberi peluang tim Ukraina untuk menyerang. Terlihat, Ukraina hanya mampu mengancam gawang Maarten Stekelenburg lewat counter attack Andriy Yarmolenko, namun masih belum mengubah kedudukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN