Mohon tunggu...
Muchammad Alif Zaidan
Muchammad Alif Zaidan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Informatika

Saya adalah mahasiswa yang memiliki minat dibidang teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Penciptaan Hujan Buatan BMKG: Solusi Inovatif Atasi Polusi di Jakarta

3 September 2023   17:12 Diperbarui: 3 September 2023   17:18 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.idxchannel.com/news/waspada-kilat-sebagian-jakarta-bakal-diguyur-hujan-sore-dan-malam-hari

Penciptaan Hujan Buatan oleh BMKG: Solusi Inovatif Atasi Polusi di Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, telah lama dihadapkan pada masalah serius dalam bentuk polusi udara. Polusi udara merupakan ancaman serius bagi kesehatan penduduk dan lingkungan kota ini. Dampaknya mencakup peningkatan risiko penyakit pernapasan, gangguan kesehatan kronis, serta kerusakan lingkungan. Polusi ini sebagian besar disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor, industri, dan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kualitas udara di kota ini.

Peran BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk memahami dan mengelola cuaca dan iklim di negara ini. BMKG memiliki peran penting dalam memantau dan meramalkan cuaca dan memberikan layanan informasi yang vital untuk keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Hujan Buatan

Konsep hujan buatan melibatkan upaya untuk mengubah cuaca dengan tujuan menciptakan hujan secara artifisial. Ini dilakukan dengan menggunakan teknik dan peralatan khusus untuk menginduksi pembentukan awan hujan di udara. BMKG telah menggunakan teknologi ini sebagai solusi inovatif untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta.

Teknologi dan Metode

BMKG menggunakan berbagai teknologi dan metode untuk menciptakan hujan buatan. Ini melibatkan pesawat yang menghujani awan dengan bahan kimia atau partikel untuk memicu pembentukan hujan. Metode ini dirancang untuk meningkatkan curah hujan dan mengurangi tingkat polusi udara.

Manfaat Lingkungan

Penciptaan hujan buatan oleh BMKG memberikan manfaat signifikan bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat Jakarta. Hujan buatan membantu membersihkan udara dari partikel-partikel polutan, mengurangi tingkat polusi udara, dan menjaga kualitas udara yang lebih baik. Ini berpotensi mengurangi risiko penyakit pernapasan dan menghasilkan lingkungan yang lebih sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun