Mohon tunggu...
MUCHAMAD IRSYAD
MUCHAMAD IRSYAD Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Malang

KKN Sumbermanjing Wetan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Senam Bersama Ibu-ibu PKK oleh Mahasiswa KKN UM 2021 di Sumbermanjing Wetan

25 Juni 2021   21:23 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:32 81 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Senam Bersama Ibu-ibu PKK oleh Mahasiswa KKN UM 2021 di Sumbermanjing Wetan
kekompakan peserta senam/dokpri

Jumat [25/06/2021] - Desa Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Melaksanakan protokol kesehatan saja tidaklah cukup untuk mencegah penularan COVID-19, diperlukan juga tubuh yang fit dan imun yang kuat untuk menghadapi era pandemi saat ini. Hal tersebut yang mendasari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) 2021 untuk merancang program kerja yang melibatkan masyarakat untuk membudayakan gaya hidup sehat. Senam dipilih menjadi kegiatan karena kegiatannya yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Kegiatan senam dilaksanakan di Balai Desa Sumbermanjing Wetan dan dihadiri oleh Ibu-ibu dengan jumlah relatif banyak. Senam yang dilakukan adalah senam irama yang berlangsung mulai pukul 06.30 sampai dengan 07.30 WIB. Meskipun jadwal kegiatan tergolong pagi, tetapi semangat peserta membuat senam dimulai tepat waktu dan berlangsung dengan lancar.

"Senam bagus dilaksanakan pagi-pagi begini, dan tidak perlu lama-lama, supaya Ibu-ibu yang memiliki aktivitas seperti jualan di pasar bisa ikut senam" ujar salah satu Ibu yang menjadi pemimpin senam.

mahasiswa KKN ikut meramaikan senam/dokpri
mahasiswa KKN ikut meramaikan senam/dokpri

Menurut Mohammad Solihin selaku penanggungjawab kegiatan, senam yang dilaksanakan terdiri dari beberapa langkah, antara lain:

  1. Peregangan
  2. Senam Aerobik
  3. Senam Zumba
  4. Pendinginan

Selama kegiatan berlangsung, Ibu-ibu sangat antusias dan heboh dalam mengikuti gerakan senam. Gerakan demi gerakan diikuti diiringi musik dengan tempo yang semakin cepat dari langkah ke langkah. Seruan penyemangat pun kerap kali ditunjukkan oleh peserta. Tidak mau kalah, mahasiswa KKN juga berusaha memberikan perlawanan yang seimbang dari segi semangat dan juga gerakan. Peserta senam tidak hanya Ibu-ibu yang berusia muda, tetapi juga diikuti oleh beberapa Ibu lansia yang semangat dan antusias.

Kegiatan senam ini rencananya akan dilaksanakan lagi di minggu mendatang, pada hari yang sama. Mahasiswa KKN UM berharap kegiatan ini dapat menjadi proker berkelanjutan, sehingga tidak hanya berjalan ketika ada momen tertentu, tetapi menjadi agenda rutin masyarakat untuk membudayakan hidup sehat.

VIDEO PILIHAN