Pembelajaran model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang efektif bagi siswa. Model pembelajaran ini memiliki beberapa karkateristik yang sesuai dengan proses belajar mengajar pada era ini. Beberapa penelitian menemukan bahwa pembelajaran model motivasi ARCS dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi pembelajaran motivasi ARCS terhadap penggunaan media google classroom dan Kahoot!, pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 9 Gambiran.Â
Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental One Shoot Case Study (Creswell, 2010). Peneliti menggunakan kelompok utuh (intact group), dan dalam penelitian ini jumlah sampel adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Gambiran sejumlah 34 siswa. Cronbach's alpha motivasi ARCS 0.892 sedangkan Cronbach's alpha penggunaan google classroom 0.919. Data terdistribusi normal, angka Pearson Correlation 0.355 dengan p< 0.05.Â
Uji hipotesa terbukti, dengan nilai signifikan sebesar 0.039 (p< 0, 05), sehingga implementasi pembelajaran motivasi ARCS akan membuat siswa mampu belajar menggunakan media google classroom.
Referensi :
Martono, Handrio Endo, et al. "INTEGRASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE CLASSROOM DAN KAHOOT! SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MOTIVASI MODEL ARCS." SOSIOEDUKASI: JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL 9.3 (2020): 209-216.