Mohon tunggu...
Mubarak Achmad
Mubarak Achmad Mohon Tunggu... Penulis, Mubaligh

Penulis berkah, pemuka Agama, Muballigh suka Olahraga raga juga loh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hoax Merupakan Dusta yang Sangat Mengerikan

3 Februari 2021   16:10 Diperbarui: 3 Februari 2021   17:42 80 0 0 Mohon Tunggu...

HOMEARTIKELHOAKS MERUPAKAN DUSTA YANG SANGAT MENGERIKAN

ARTIKEL KOLOM

Hoaks Merupakan Dusta Yang Sangat Mengerikan

By Mubarak Achmad 2 years ago

Zaman now sebuah zaman dimana kita dapat menyaksikan perkembangan dunia ini yang sangat luar biasa, masalah ilmu Agama-Sosial-Politik dll, tentang pengobatan, resep menu makanan, apapun yang kita mau, alam ini seperti ada dalam genggaman tangan kita, tinggal gerakkan jari-jari otomatis informasi dan berita begitu cepatnya tersebar, berita dipelosok dunia sekalipun dalam waktu hitungan detik telinga kita bisa mendengar dan mata kita dapat menyaksikan melalui online apa yang terjadi.

Semua ini adalah Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat. Melalui IT ini informasi telah menjadi sarana penting dan senjata andalan zaman now. Kehadiran media sosial (Medsos) sebuah media online, Blog, WordPress, Wiki, Forum dan Jejaring sosial. Zaman now dimana teknologi internet dan mobile phone makin maju maka Medsos pun tumbuh dengan pesatnya, hanya dengan mobile di tangan kita maka dimana saja dan kapan saja kita dapat mengakses dengan mudah dan cepat melalui Whatsapp, Twitter, Facebook, instagram, dan lainnya. . .

Dari sarana -- sarana ini, dua informasi/berita diterima oleh masyarakat dengan mudah dan cepat, apakah itu berita hak (benar) atau berita hoaks. Berita Hak adalah Informasi yang akurat dan benar adanya. Berita Hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah -- olah benar adanya. HOAKS sama dengan berita PALSU, berita BOHONG, berita DUSTA.

Di Negara kita -- Indonesia, akhir-akhir ini Hoaks menjadi perbincangan ditengah masyarat Elit dan Alit, bisa dikatakan sebagai ancaman yang serius, karena aura negatif yang disebarkan akan merusak moral atau keamanan masyarakat dan Negara.

Islam yang telah didirikan oleh Nabi Muhammad saw dan bagi seseorang yang telah mengorbankan jiwanya untuk agama, mengajarkan kepada setiap orang untuk menjalankan zaki nafs (jiwa yang suci), Hoaks sangat bertentangan dengan ruh Zaki Nafs, karena Hoaks menciptakan insan menjalani hidup munafik.

Barangsiapa menjalani hidup munafik maka mereka akhirnya akan dipenggal (dipisahkan) dari Islam ini. Ingatlah, ini merupakan janji Allah Ta'ala, bahwa yang kotor tidak dapat berkumpul dengan yang bersih, Insan tidak akan suci selama belum meninggalkan dusta.

Maka siapapun yang melakukan Hoaks, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan pada diri masing-masing. "Al Quran mengatakan : Qad aflaha man zakkha. Yaitu, dia yang mensucikan dirinya memperoleh kesuksesan. Dan pensucian diri menuntut seseorang untuk terus bergaul dengan orang-orang yang baik dan dekat dengan orang-orang yang suci, hal itu sangat menolong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN