Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Menanamkan Benih Pendidikan Melalui Dongeng Sebelum Tidur

14 Agustus 2018   22:30 Diperbarui: 14 Agustus 2018   23:11 536 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanamkan Benih Pendidikan Melalui Dongeng Sebelum Tidur
(Sumber: dreamstime.com)

Sekolah merupakan tempat yang menjadi pilihan paling diminati oleh orang tua saat ini, agar dapat membangun karakter dan kecerdasan anaknya.

Bahkan, orang tua berlomba-lomba untuk menyekolahkan anaknya sedini mungkin, dengan memasukkan anaknya ke sekolah usia dini atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Apakah itu salah?

Tentu saja tidak, karena orang tua yang  menyekolahkan anaknya sedini mungkin telah memiliki pertimbangan dan alasan tersendiri. Kesibukan yang dimiliki setiap orang tua membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mengajarkan anaknya, atau dikarenakan anaknya tidak memiliki teman di rumah, sehingga orang tua memasukkan anaknya ke sebuah yayasan pendidikan dengan harapan anaknya mempunyai teman bermain yang seusia dengannya.

Hal itu merupakan permasalahan yang dihadapi orang tua saat ini, sehingga mereka memutuskan untuk menyekolahkan anaknya di usia yang sedini mungkin.

Keputusan tersebut tidaklah salah karena sekolah merupakan tempat yang menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, seperti tenaga pengajar yang lebih berkompeten untuk mendidik anak-anak.

Namun terkadang tak jarang juga kita menjumpai anak-anak yang tidak mau masuk ke kelas, karena tidak mau berpisah dari orang tua mereka.

Itu merupakan hal yang sangat wajar, karena seorang anak akan merasa aman jika berada di dekat orang tua atau keluarganya.

Ketika anak-anak yang masih berusia dini tersebut dihadapkan dengan situasi tersebut, maka anak-anak yang seharusnya memiliki kehidupan yang menyenangkan, akan dihadapkan dengan konflik yang tak seharusnya mereka hadapi di usia sedini itu.

Bahkan, mungkin saja situasi itu akan membuat anak beranggapan bahwa orang tuanya tidak menyayanginya lagi, dikarenakan orang tua mereka menitipkan mereka ke sebuah tempat yang tidak mereka kenali.

Maka, fungsi sekolah yang seharusnya menjadi tempat membentuk karakter anak, akan dianggap sebagai tempat yang mereka takuti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x