Mohon tunggu...
Olahraga Pilihan

Akronim Asian Games Ini, Tunjukkan Wajah Antusiasme Indonesia

6 Agustus 2018   19:48 Diperbarui: 6 Agustus 2018   20:40 1038 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akronim Asian Games Ini, Tunjukkan Wajah Antusiasme Indonesia
(Sumber: asiangames2018.id / edit penulis)

"Asian Games bukan hanya merupakan ajang olahraga untuk meraih kemenangan semata, tetapi sebagai alat untuk membangun karakter bangsa", kutipan yang diucapkan oleh Bapak Soekarno ketika menyambut Asian Games 1962. Tak hanya sampai disitu saja, ketika Asian Games 2018 kembali lagi mengobarkan apinya di bumi pertiwi Indonesia, diharapkan dapat melanjutkan sebuah momen dalam membentuk karakter bangsa.

Tak hanya pemerintah, atau para atlet yang menunjukkan antusiasme mereka dalam menyambut Asian Games, tapi seluruh lapisan masyarakat dipenjuru Indonesia diharapkan dapat bersatu untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan dapat membangun karakter bangsa. Beragam sikap ataupun tindakan mulai ditunjukkan masyarakat dalam menyambut Asian Games 2018, mulai dari yang sederhana hingga membanggakan Indonesia di mata dunia. Sikap atau tindakan yang mencerminkan antusiasme kalian dapat ditunjukkan melalui singakatan "ASIAN GAMES" ini:

  • Amankan Fasilitas Asian Games

(Sumber: bola.com)
(Sumber: bola.com)
Anggaran yang sangat besar harus dikeluarkan pemerintah untuk memproduksi berbagai fasilitas pendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, fasilitas tersebut harus dijaga agar jangan sampai dirusak, baik itu dalam stadion maupun luar stadion. Jika memiliki kesempatan untuk nonton di dalam stadion, kamu harus menjaga setiap fasilitas yang ada, dan jangan merusaknya.

Selain mereka yang nonton di dalam stadion, kamu yang belum punya kesempatan untuk nonton langsung, jangan mau kalah untuk mengamankan dan menjaga fasilitas yang ada di luar stadion, seperti LRT, atau fasilitas yang terpasang disepanjang jalan. Jadi, kita semua memiliki kesempatan untuk mengamankan dan menjaga seluruh fasilitas Asian Games 2018.

  • Senyum, dan Sapa

(Sumber: tribunnews.com)
(Sumber: tribunnews.com)
"Ramah, sopan, suka senyum" itulah yang sering kita dengar dari ucapan turis asing yang sudah pernah berkunjung ke Indonesia. Turis asing yang berkunjung ke Indonesia ketika ditanya mengenai orang-orang Indonesia, jawaban yang sering kita dengar adalah ketiga hal tersebut. Menjadi warga negara yang terkenal dengan keramahannya merupakan suatu poin positif bagi kita.

Menyambut Asian Games 2018, yang akan dihadiri oleh ribuan atlet dari 45 negara, disertai dengan kemungkinan jumlah pengunjung asing yang akan berdatangan untuk menyaksikan Asian Games 2018, kita sebagai tuan rumah harus menyambut mereka dengan senyuman, dan keramahan. Sehingga mereka akan membawa cerita-cerita yang baik dan menyenangkan ke negara mereka masing-masing nanti.

Sikap atau tindakan tersebut sangatlah sederhana, dan tidak sulit untuk dilakukan, karena telah ditanamkan sejak dulu oleh leluhur kita, untuk bersikap sopan, dan penuh keramahan.

  • Ikuti dan Patuhi Segala Aturan

(Sumber: bolasport.com)
(Sumber: bolasport.com)
Menjelang Asian Games 2018, kita sempat mendengar berita mengenai bangku stadion Jakabaring yang sempat dirusak oleh beberapa penonton, dan itu bukanlah sikap yang patut untuk dicontoh. Sebagai tuan rumah, kita harus menaati segala peraturan yang ada.

Mulailah dengan menaati aturan yang sederhana, seperti berkendara di jalan dengan tertib, atau ketika masuk ke stadion untuk tetap antri, sehingga tidak menganggu kenyamanan pengunjung lain. Mulailah dengan hal-hal kecil yang tetap dapat menunjukkan antusiasme kamu dalam menghadapi Asian Games 2018.

  • Ambil dan Buanglah Sampah

(Sumber: merdeka.com)
(Sumber: merdeka.com)
Kemarin nonton piala dunia, gak? Atau kamu sempat dengar kabar mengenai Jepang yang menjadi sorotan mata dunia selama ajang Piala Dunia 2018. Bukan hanya karena pemainnya yang keren-keren saat menggiring bola, tapi kali ini yang menjadi sorotan adalah penontonnya, karena mereka terlihat membersihakan sampah-sampah yang ada di stadion setelah pertandingan usai. Sikap tersebut harus dicontoh masyarakat Indonesia, terlebih lagi karena Asian Games 2018 diadakan di negara kita sendiri.

Gak usah jauh-jauh dulu, kalau belum sempat untuk menyaksikan pertandingan di stadion secara langsung, kamu bisa membersihkan sampah yang berserakan di sekitar kamu, sehingga bukan hanya stadion saja yang bersih tapi disekitar kamu, bahkan Indonesia bisa bersih dari sampah-sampah. Hal itu dapat membanggakan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

  • Nonton dan Dukung Atlet Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN