Mohon tunggu...
M Muti Udin
M Muti Udin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Newbie

Hanyalah manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Makna Ideologi Pancasila dan Permasalahan yang Ada

29 Oktober 2021   00:50 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:55 124 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi adalah cerminan cara berpikir seseorang yang juga membentuk orang atau masyarakat sesuai dengan cita-citanya. Ideologi merupakan suatu hal yang dihayati dan menjadi keyakinan. Ideologi juga memiliki seperangkat nilai fundamental yang inklusif dan juga mendalam, yang dipegang oleh seseorang atau masyarakat sebagai pandangan dan pemahaman dalam hidupnya. 

Melalui ideologi  mereka mengetahui cara terbaik secara moral atau normatif yang dianggap baik dan adil untuk berperilaku dan bersikap dalam rangka membangun, memelihara dan memelihara kehidupan bersama dengan berbagai dimensi yang ada. Lalu bagaimana ideologi yang ada di negara kita Indonesia yang berideologikan Pancasila.

Sebagai sebuah ideologi bangsa Pancasila berarti bahwa setiap warga negara Republik Indonesia terikat oleh nilai-nilai dasar yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Makna pancasila sebagai suatu ideologi bangsa dan negara Indonesia berarti bahwa pada dasarnya pancasila bukan sekadar hasil dari renungan atau pemikiran seseorang atau sekelompok manusia. 

Berbeda dengan ideologi-ideologi lain yang ada di berbagai dunia pancasila sebenarnya tercipta dari nilai-nilai Adat masyarakat, budaya dan agama yang dileburkan ke dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. Dapat dikatakan, unsur-unsur yang membentuk nilai-nilai dari Pancasila tidak lain merupakan keyakinan bangsa Indonesia itu sendiri, sehingga bangsa inilah yang menjadi sebab lahirnya Pancasila.

Pancasila adalah dasar dari falsafah negara dan juga ideologi negara karena mengandung standar yang paling mendasar guna mengukur dan menentukan legitimasi bentuk pemerintahan negara dan membentuk kebijakan penting pada proses pemerintahan. 

Sebagai ideologi negara Pancasila adalah doktrin, teori dan juga ilmu pengetahuan yang di dalamnya memuat cita-cita bangsa Indonesia yang diyakini kebenarannya dan disusun secara sistematis serta diikuti dengan pelaksanaan yang tepat. 

Namun kenyataannya saat ini dalam pengimplementasian Pancasila banyak terjadi permasalahan akibat dari perbuatan manusia yang dapat dikatakan bertentangan dengan realisasi pikiran dan tujuan sebenarnya dari Pancasila, sehingga terjadi banyak penyimpangan nilai-nilai Pancasila di negara kita ini. Oleh sebab itu, kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari samgat diperlukan.

Kisah sejarah perjalanan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, terjadi banyak peristiwa yang ingin mengubah ideologi ini. Seperti peristiwa kelam yang terjadi dalam Gerakan 30S PKI tahun 1965 yang mencoba mengubah ideologi Pancasila menjadi Ideologi komunis. 

Dengan gagalnya aksi tersebut diyakini bahwa Pancasila tidak bisa dilepaskan begitu dengan mudah dari negara Indonesia, sehingga di kemudian harinya pada 1 Oktober di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Selain peristiwa tersebut, Pancasila juga pernah dianggap sebagai alat politik pada masa Orde Baru, dan setelnya pancasila dianggap sebagai alat kekuasaan pada masa Reformasi.

 Namun seiring bergulirnya waktu, peristiwa-peristiwa yg diceritakan dalam sejarah tersebut telah ditolak dengan tegas oleh ideologi Pancasila, dengan ditetapkannya ideologi Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang digunakan oleh bangsa dan negara Indonesia dari dulu hingga masa ini. Ideologi Pancasila merupakan suatu ideologi yang terbuka, sehingga ideologi ini sangat fleksibel dan dinamis sehingga dapat terus beradaptasi dengan perubahan zaman, baik pada perubahan sosial maupun saat memasuki masa globalisasi seperti saat ini.

Sebagai suatu ideologi Pancasila terancam hilang di era globalisasi dan digitalisasi seperti pada saat ini, jika saja pemerintah sebagai badan penyelenggara negara dan masyarakat sebagai pelaku kegiatan berbangsa dan bernegara pada umumnya tidak mau bertindak bersama dan menyadari akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam hidup berdampingan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan