Mohon tunggu...
May Triranto Maharini
May Triranto Maharini Mohon Tunggu... Guru - pembelajar dan tenaga pengajar

Seorang tenaga pendidik. Suka travelling. Suka mendengarkan musik. Suka mengetahui hal-hal yang baru. Tertarik dengan keunikan panorama, budaya, dan kuliner. Suka mengungkapkan pikiran melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mengenalkan Puisi kepada Anak-Anak Melalui Kegiatan Kemasyarakatan Prodi Sastra Inggris Unpam

24 Agustus 2021   06:25 Diperbarui: 24 Agustus 2021   07:02 315 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenalkan Puisi kepada Anak-Anak Melalui Kegiatan Kemasyarakatan Prodi Sastra Inggris Unpam
Salah satu puisi karya penulis puisi terkenal yang terdapat di dalam 'Poetry workbook' yang disusun tim PKM kami/dokpri

Sebagai dosen tetap sebuah universitas di Tangerang Selatan, saya tentunya bersama tiga teman seprofesi saya lainnya tiap semesternya melaksanakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. 

Kami menggandeng  masahasiswa kami dari program studi Bahasa Inggris Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan berbagi ilmu dengan membuat buku. Intinya, kegiatan PKM ini terdiri atas empat (4) dosen dan dibantu oleh enam (6) mahasiswa, yaitu Erni Susianti Nainggolan, S.Pd.,M.Pd, Anita Sari, S.S.,M.Pd., Wirhayati., S.S.,M.Pd, May Triranto Maharini, S.S.,M.Hum. (saya sendiri), M Akbar Z Assor, Aldi Taufik H  Soewargono, Ali Idris, Deasy Putri Indah W, Isti Lusiana, dan Nur Fadilla Syamah. 

Adapun PKM ini mengusung tema "Puitis Dalam Berbahasa, Indah Dalam Berkomunikasi Melalui Pemahaman Puisi". Kegiatan ini berlokasi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat-Tangerang Selatan. 

Taman Bacaan Masyarakat sebagai mitra kerja didirikan di kolong flyover Ciputat untuk menambah minat baca pada anak-anak di sekitar dan mengisi kegiatan positif.

Adapun tujuan dari PKM ini adalah: (1) meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengapresiasi dan mengerti seni dan sastra terutama dalam karya sastra puisi, (2) meningkatkan kosakata peserta didik yang berkaitan dengan puisi berbahasa Inggris, dan (3) memotivasi peserta didik yang ada di TBM untuk lebih banyak mengenal puisi-puisi terutama puisi bahasa Inggris. 

Pengenalan puisi bahasa Inggris di kalangan anak-anak atau usia remaja masih minim. Oleh karena  kesempatan yang diberikan ini, kami tim PKM sangat berbahagia karena dapat berbagi sedikit pengetahuan tentang pengenalan puisi.  

"Berbagi di tengah situasi yang tidak bisa tatap muka merupakan kebanggaan bagi kami sendiri. Ilmu bisa diberikan dimanapun dan kapanpun. Ini merupakan kontrubusi kami sebagai dosen di masa pandemi", demikian penuturan Erni Susianti Nainggolan, S.Pd.,M.Pd sebagai ketua PKM.   

Berdasarkan hal tersebut, dosen dan mahasiswa bekerja sama dalam membuat buku 'Poetry Workbook for Children'.  Buku tersebut berisikan tentang pengenalan puisi, jenis-jenis puisi, dan latihan-latihan yang berkaitan dengan puisi bahasa Inggris, seperti contoh puisi berjudul 'Crocodile', 'Mountains', dan 'Under the Bed' serta dikemas semenarik mungkin dengan mengutamakan keterampilan membaca, memahami dan menulis puisi di dalamnya.  

Kegiatan menulis (writing) pada akhir buku diharapkan peserta didik dapat menuangkan ide atau pikirannya dan berkomunikasi dengan cara menulis puisi. Karena, seperti yang sudah diketahui, puisi dapat mewakili perasaan seseorang dalam berkomunikasi secara tidak langsung lewat kata-kata indah dan puitis.

Berikut salah satu isi dari bait puisi bahasa Inggris yang terdapat di Poetry Workbook for Children:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan