Mohon tunggu...
Felix Tani
Felix Tani Mohon Tunggu... Lainnya - Sosiolog Pertanian dan Pedesaan

Sedang riset pertanian natural dan menulis novel anarkis "Poltak"

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Nasihat untuk Karyawan Tua

14 Mei 2022   06:46 Diperbarui: 14 Mei 2022   10:02 1238 49 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi karyawan tua (Foto: Freepik via geriatri.id)

"Hei, para karyawan tua, kita boleh pensiun, tapi jangan berhenti kerja!"

Sudah nonton film The Intern? Kalau belum, tontonlah. Itu film bagus.

Film itu berkisah tentang Ben Whittaker (Robert DeNiro), duda usia 70 tahun, sudah beranak-cucu, seorang pensiunan yang ogah nganggur. 

Dia kemudian melamar dan diterima menjadi karyawan magang senior di "About the Fit", perusahaan mode daring. Jules Ostin (Anne Hathaway), CEO perusahaan itu semula skeptis pada Ben.

Tapi Ben berhasil membuktikan diri sebagai karyawan yang punya integritas, profesionalitas, dan loyalitas tinggi. Kerja lebih awal, kerap lembur, dan rapi.

Tidak hanya membereskan pekerjaan kantor, Ben juga membantu Jules, bosnya, mengatasi masalah pribadi dan keluarga. Antara lain merujukkan Jules dengan Matt (Anders Holm), suaminya yang selingkuh.

Ben boleh kalah muda untuk perusahaan daring yang dianggap domein kaum muda. Tapi sikap bijak dan dewasa dalam menjalani pekerjaan dan dalam mengatasi masalah, hanya bisa dibayar dengan usia tua.

Itu disebut tacit knowledge, kemampuan intuitif yang khas. Sesuatu yang tak bisa diajarkan, tapi dapat diperoleh dan dikuasai lewat pembelajaran sepanjang proses kerja.

***

Pembelajaran sepanjang proses kerja adalah sebuah proses mental. Sesuatu yang berangkat dari kesadaran, minat, penilaian, uji coba, sampai kemudian penerimaan sebagai tacit knowledges

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan