Sepeda
Sepeda

Mari kita saling berbagi, lebih mengenal dan mengerti tentang sepeda, dan yang lebih penting lagi bisa mengajak semua bersepeda.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Berbagi Jalan dengan Sepeda

3 April 2019   18:14 Diperbarui: 3 April 2019   18:21 17 0 0
Berbagi Jalan dengan Sepeda
Jalur khusus sepeda. (Sumber: fadhlihsan.blogspot.com )

Di jalan raya, kita tidak pernah sendirian, ada pengendara sepeda, mobil, pengendara sepeda motor, moped, pejalan kaki, kendaraan lain. Saat kita mengemudi kendaraaan ataupun berjalan kaki, selain menjadi pengemudi yang aman bagi diri sendiri, kita juga harus menjaga keselamatan dan siap berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya. 

Pejalan kaki bisa menggunakan trotoar, sepeda harus ikut masuk ke jalan raya, dan sering kali tidak dianggap karena sepeda tidak secepat kendaraaan bermotor lainnya. Padahal sepeda juga memiliki hak yang sama di jalan raya.

 

Apa yang harus dilakukan pesepeda ketika di jalan raya

  • Berhenti pada lampu merah dan rambu stop
  • Mengikuti semua rambu lalu lintas dan undang-undang lalu lintas
  • Mengikuti arus (lalu lintas)
  • Menggunakan jalur dam singnal ketika berbelok
  • Mengikuti batas kecepatan yang diatur
  • Tidak menghalangi lalu lintas di jalan raya, jika ada gunakan selalu jalur sepeda
  • Menggunakan lampu saat bersepeda di malam hari / dalam cuaca buruk
  • Menunggu posisi dan lalu lintas yang aman ketika memasuki jalan raya
  • Tidak menggunakan ponsel Anda saat bersepeda
  • TIDAK bersepeda dalam keadaan mabuk
  • Tidak bersepeda dengan agresif, dan berpindah-pindah jalur

Jalur khusus bersepeda mungkin tidak ada di semua jalan raya, tetapi kalau ada, gunakan jalur sepeda, jangan keluar dari jalur sepeda apalagi naik ke trotoar kecuali untuk kondisi darurat. 

Kadang ada yang merasa trotoar juga merupakan jalur sepeda, karena sepeda menggunakan kaki. Tidak, ketika bersepeda dan memasuki trotoar, sebaiknya turun dari sepeda, dah dorong sepeda. 

Kita tidak pernah suka ketika sedang berjalan, lalu ada sepeda dengan kecepatan 15 km/jam atau lebih tiba-tiba lewat dari samping kita, hal itu tidak aman bagi semua orang.

Ada beberapa hal yang harus kita pakai sebagai pengendara sepeda agar aman dan terlihat ketika berbagi jalan dengan kendaraan bermotor. Di dalam mobil, pengemudi memiliki beberapa fitur keselamatan yang bekerja otomatis dan lebih melindungi pengemudiny, jadi penting untuk melakukan hal yang sama ketika kita menggunakan sepeda. Keselamatan lalu lintas dan ketenangan pikiran adalah hak dan tanggung jawab setiap kendaraan yang beroda.

Penting bagi pengendara sepeda untuk memiliki reflektor, lampu belakang dan lampu, dan rompi / jaket reflektif. Hal-hal ini penting di siang hari, tetapi SUPER penting di malam hari, untuk alasan yang pasti, bukan hanya untuk terlihat keren.

Apa yang harus dilakukan mobil dan sepeda motor di jalan raya

Adanya batas untuk jalur sepeda, menandakan ada aktifitas bersepeda di jalan tersebut. Jangan memasuki area ini jika tidak terpaksa dan darurat. Yang sering menjadi masalah adalah ketika tidak ada jalur khusus bersepeda ini, keadaan bisa menjadi berbahaya. Sepeda tidak bergerak secepat mobil dan motor, sebaiknya kurangi kecepatan dan jaga jarak aman terhadap sepeda.

Berikut beberapa tips bagi mobil kendaraaan bermotor ketika berkendara di jalan yang banyak ada pesepeda:

  1. Jaga jarak setidaknya 1meter terhadap sepeda - jika mungkin lebih banyak
  2. Jika harus menyalip, lewati di sebelah kanan
  3. Tunggu untuk menyalip sampai jalur lalu lintas di sebelah Anda jelas
  4. Sabar. Hanya boleh melewati ketika aman, bahkan jika ini berarti mengemudi di belakang pengendara sepeda untuk sementara waktu.
  5. Pastikan ulang blind spot dari kendaraan, pesepeda bisa jadi ada di posisi itu.
  6. Seperti biasa, beri perhatian khusus ketika berada di penyeberangan

Saat parkir, pastikan melihat ke cermin atau spion sebelum membuka pintu.

Salah satu area terpenting yang harus diperhatikan untuk pengendara sepeda adalah di persimpangan. Jalur pesepeda selalu ada di sebelah kiri jalan. Pengendara sepeda yang berbelok ke kanan atau berbelok ke kanan biasanya berada di sebelah kiri kendaraan di persimpangan, jadi sangat penting untuk mewaspadai pesepeda jika ada jalur belok ke kanan.

Berbagi jalan tidak terbatas pada pengendara sepeda. Siapa pun yang berada di jalan, mempunyai hak yang sama atas jalan, seperti becak, gerobak, sepatu roda, dan pejalan kaki. Aturan-aturan ini berlaku untuk semuanya.

Pada akhirnya, itu semua hanya tentang berbagi jalan. Ingat, sepeda juga manusia, dan mereka memiliki hak yang sama dengan mobil. Tetap sabar dan waspada dan Anda akan baik-baik saja. Berbagi itu indah.

Referensi : 50 Golden Rules Bersepeda