Mohon tunggu...
M. Taufiq Hidayat
M. Taufiq Hidayat Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Menulis dan Mengabadikan Sejarah Hari Ini

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Web Designer? Web Developer? Bedanya Apa Sih!

23 Januari 2018   08:53 Diperbarui: 23 Januari 2018   19:30 2210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: www.torrboar.com

Mungkin beberapa dari kalian belum bisa membedakan apasih beda dari kedua profesi ini iya kan? atau jika kalian sudah paham dari kedua profesi ini sekarang saya tanya siapa yang paling berperan penting dalam pembuatan web? silahkan jawab di kolom komentar yah teman-teman.! saya akan tunggu jawabannya dan yang benar akan mendapatkan hadiah yang sangat spesial dan hadiahnya adalah Naik haji!!!! 

Bagi yang mampu!! hehehe just kidding guys . Saya hanya ingin melihat hasil dari riset saya bahwa apakah artikel saya ini dapat bermanfaat buat kalian pembaca artikelku karena percuma jika saya buat artikel banyak-banyak tapi tidak bermanfaat . Saya mengutamakan kualitas bukan Kuantitas jadi saya harap artikel saya ini dapat berguna buat kalian yah guys! :D 

Oke baiklah , Saya akan menjelaskan perbedaan mereka secara perlahan-lahan dan pasti kalian akan bisa menjawab pertanyaan yang saya berikan diatas. 

WEB DESIGNER

Web design adalah orang yang menguasai bidang design guys, dan tentu saja keindahan dan kerapihan layout dari web design itu tergantung dari seorang web designer yang handal. seorang web designer bisa juga kita sebut sebagai Front End Developer karena seorang web designer itu menguasai bahasa Front end yaitu HTML , CSS danJavaScript . 

Web designer yang membuat tampilan interface atau client side dari sebuah website , dialah yang membuat bentuk layout dan styling dan transisi atau perpindahan saat di scroll kebawah dan pada saat kita mengklik salah satu dari navigation bar dia akan berpindah secara smooth jika di design dengan baik oleh web designer. 

Intinya adalah segala hal yang terjadi di web kita yang berhubungan konten-konten web , susunan gambar yang tertata dengan sempurna itu adalah campur tangan dari seorang web designer. Web design hanya pada user , user adalah prioritas utama bagi mereka . Membuat user nyaman dan betah didalam web itu adalah tugas web designer. 

Web designer harus cerdas membuat design web percuma design yang indah dan menurut web designer tapi user tidak (User Experience) web designer harus membuat design yang mudah digunakan oleh user dan tampilannya modern(User Interface) . Tertarik Belajar Web Designer ? Just Do it guys!!

WEB DEVELOPER

NAH ini nih!! kenapa bang? Nggak !! Gile lu ndro! .  

hehe Web developer menurutku itu sangat keren , kenapa? karena semua data yang kalian masukkan disetiap website itu yang menjaganya adalah seorang web developer! . Walaupun kadang seorang web developer tidak menguasai design tapi di saat sekarang ini terdapat banyak media yang dapat mempermudah seorang web developer untuk mendesign webnya yaitu menggunakan Bootstrap.

Dengan Bootstrap bahkan seseorang yang masih belum paham designer bisa membuat website guys, tapi dengan satu syarat dia harus pahami dulu dasar-dasar dari CSS dan HTML . Apasih itu CSS akan saya jelaskan di artikel berikutnya guys! tetap pantau terus artikel dari saya hehe :D. Kenapa harus menguasai dasar-dasar dari CSS dan HTML karena Bootstrap itu adalah library CSS yang didalamnya terdapat ribuan juta perintah css yang dapat kita gunakan dan edit sesuai keinginan kita. 

Oke kembali lagi ke Web developer! seperti yang saya ucapkan sebelumnya seorang web developer hanya cukup menguasai dasar - dasar dari HTML dan CSS karena dia tidak fokus kepada design web tapi berfokus pada bagaimana web bisa hidup dan bisa berinteraktif dengan user. Web Developer hanya akan bekerja dengan text editor saja dan memantau code-codenya tetap terjaga dengan baik dan terus mengupdate data jika ada data yang masuk dari user.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun