Kesehatan

Masalah Kesehatan Serius Mengancam Profesional IT

11 Juni 2018   18:40 Diperbarui: 11 Juni 2018   18:57 288 0 1
Masalah Kesehatan Serius Mengancam Profesional IT
healthvision.in/

Antara memantau jaringan, mengkonfigurasi aplikasi, dan mengelola proyek teknologi, para profesional TI menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer. Dan karena masalah dalam sistem dapat terjadi kapan saja, pekerja sering harus memantau sistem TI di luar jam kerja normal.

Seiring waktu, waktu yang lama di depan komputer dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Berikut ini adalah 10 masalah kesehatan umum untuk pekerja IT  dan cara bagaimana anda dapat mencegahnya.

1. Trombosis

Trombosis vena dalam adalah pembentukan gumpalan darah, yang dapat melakukan perjalanan ke otak dan paru-paru, menyebabkan stroke, emboli paru, dan kondisi kesehatan mendesak lainnya. Istilah eThrombosis baru-baru ini diciptakan, mengacu pada jam kerja yang panjang dan gaya hidup dari banyak pengguna komputer dan profesional IT. Posisi tubuh yang sama dalam periode yang lama dapat menyebabkan pembekuan darah yang berbahaya ini terbentuk.

Pencegahan: Jika Anda cenderung menghabiskan waktu lama untuk duduk di tempat kerja, secara teratur berdiri untuk istirahat sejenak --- setidaknya setiap jam atau lebih. Bahkan berjalan ke kamar mandi bisa membuat darah Anda mengalir dan mencegah pembekuan.

2. Penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan risiko penyakit jantung yang meningkat di antara orang-orang yang menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka duduk. 

Menurut NPR, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa "pria yang lebih dari 23 jam seminggu melakukan aktivitas yang pasif memiliki risiko 64 persen lebih besar untuk meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan mereka yang kurang dari 11 jam seminggu aktivitas yang pasif." Untuk profesional IT yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka duduk di depan komputer, ini seharusnya adalah sebuah peringatan yang serius.

Pencegahan: Biasakan melakukan istirahat singkat secara teratur untuk membuat kaki Anda bergerak selama beberapa menit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sering istirahat setiap 15 menit atau lebih akan membantu. Anda juga bisa terbiasa melakukan latihan sederhana setiap kali Anda membaca sesuatu dan tidak berinteraksi dengan komputer.

3. Kanker

Selain trombosis dan penyakit jantung, penelitian medis baru-baru ini menemukan hubungan antara aktivitas fisik dan kanker tertentu, terutama kanker payudara dan usus besar.

Pencegahan: Mempertahankan kebiasaan sehat adalah penting, studi kanker telah menemukan bahwa hanya 30 menit latihan ringan per hari dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan membantu menangkal beberapa kanker. Selain itu, skrining kanker dapat menyelamatkan nyawa. Jika Anda seorang profesional IT yang menghabiskan banyak waktu di kursi, berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang kebiasaan gaya hidup Anda.

4. Sindrom Carpal Tunnel

Masalah umum di antara pengguna komputer, Sindrom Tunnel Karpal terjadi ketika saraf utama di pergelangan tangan menjadi tertekan setelah stres fisik terus-menerus. Kondisi mulai berangsur-angsur, dengan gejala seperti terbakar atau kesemutan di tangan, tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan penurunan mobilitas pergelangan tangan.

Pencegahan: Meregangkan pergelangan tangan secara teratur dapat membantu mengatasi gejala awal, tetapi sangat penting untuk memastikan tempat kerja Anda tersusun dengan benar secara ergonomis. Anda harus berjarak 2 kaki dari layar Anda, dengan bagian atas area tampilan setinggi mata. Saat mengetik, jaga pergelangan tangan Anda lurus, dengan siku Anda pada sudut 90 derajat.

5. Kekurangan vitamin D.

Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D yang mereka perlukan melalui paparan sinar matahari. Tetapi jika Anda berada di iklim utara dan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di dalam ruangan untuk menangani masalah IT, Anda mungkin tidak mendapatkan vitamin D yang Anda butuhkan. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit tulang, multiple sclerosis, dan kanker tertentu.

Pencegahan: Selain melakukan jalan-jalan singkat di luar atau mengonsumsi multivitamin harian, Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui diet Anda. Misalnya, makan sereal yang diperkaya dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna dapat membantu menjaga kadar vitamin D Anda normal.

6. Infeksi bakteri

Studi terbaru menunjukkan bahwa kebanyakan keyboard dan ponsel penuh dengan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Selain menyebarkan virus flu dan flu, alat teknologi kotor dapat menyebabkan staph (infeksi bakteri) dan infeksi serius lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2