Mohon tunggu...
Mohammad Raihanm
Mohammad Raihanm Mohon Tunggu... Mahasiswa Pintar

nama aku rehan aku kelas 3ma04

Selanjutnya

Tutup

Media

Sedikit Cara Teknik Penulisan Berita

18 Oktober 2020   14:24 Diperbarui: 18 Oktober 2020   14:29 13 0 0 Mohon Tunggu...

Teknik menulis berita adalah cara menyusun laporan atau informasi aktual tentang suatu peristiwa atau masalah untuk dipublikasikan di media massa. pengeretian 

Berita adalah sebuah media yang penyampaian berbagai macam jenis informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita. Dan pastinya, sangat wajar bila hampir setiap atau semua orang tiap harinya menerima atau membaca suatu berita. 

Pengertian berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita haruslah sesuai dengan kenyataan yang ada, tidak dibuat-buat (fiktif), dan terbaru/terkini.

Dari beberapa pengertian diatas, dibawah ini merupakan teknik teknik penulisan berita:

1. Hard Lead

Hard Lead atau direct lead, Merupakan Lead yang biasa digunakan untuk hard news, Yaitu kalimatnya langsung pada inti persoalan. Contoh:

"SAUDARA/HAKIM TELAH MEMUTUS JESSICA BERASALAH /DAN MENJATUHKAN VONIS 20 TAHUN PENJARA/PENGACARA JESSICA PUN SUDAH MENYATAKAN BANDING//"

2. Soft Lead

Soft Lead biasanya digunakan untuk soft news atau features dan isinya tidak sedramatis pada hard lead/direct lead. Contoh:

"SEBUAH TAMAN BAGI PECINTA BINATANG SEDANG DIBANGUN DIKAWASAN CILAKI BANDUNG"

Sebenarnya saya disini masih pemula bila ada kesalahan atau kekurangan bisa langsung ditambakan atau dikoreksi supaya kita semua dapat ilmu baru dan berguna untuk kedepannya. Jadi jangan ragu untuk menkomentari kesalahan saya, Nah mungkin cukup sekian dulu ya teman - teman  TERIMA KASIH.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x