Mohon tunggu...
Mr Alkhan
Mr Alkhan Mohon Tunggu... Programmer - Peneliti

Membaca dan meneliti dalam bidang Teknik Informasi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Fajar Mulyana - Penerapan ERP sebagai Penunjang Kegiatan Operasional UMKM Bidan Leathercraft

28 September 2022   03:34 Diperbarui: 28 September 2022   03:40 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan Penerapan ERP Sebagai Penunjang Kegiatan Operasional UMKM adalah salah satu dari 3 darma Perguruan Tinggi, yang dilaksanakan di bekasi pada tanggal 27 Juli 2022 bersama dengan TIM PPIBM yag di ketuai Bapak Fajar Mulyana.

Para pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia didorong untuk menerapkan pengelolaan manajemen bisnis berbasis Cloud ERP (Enterprise Resource Planning) yang menjadi kebutuhan prioritas saat ini agar tetap kompetitif di tengah pandemi COVID-19.

"Menurut informasi dan sejumlah media terdapat 85 persen diantaranya bahkan memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan rencana usaha selama pandemi COVID-19,"  Ujar Fajar Mulyana (27/07)

Pengalaman selama pandemi membuktikan perusahaan yang menjalani digitalisasi lebih "berusaha bertahan" demi kelangsungan bisnis,  Oleh karena itu, pihaknya berupaya memberikan dukungan dalam bentuk solusi digital dan pembekalan untuk lebih mengenal dan memahami piranti lunak manajemen ERP yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam skala, sebuah produk teknologi cloud ERP yang diharapkan menjadi mitra solusi bisnis UMKM di bidang industri Kerajinan Kulit khususnya dan industry lainnya secara umum.

Layanan meliputi tiga modul ERP yaitu ;

1. ) logistik dan persediaan digunakan untuk memproses pengadaan barang, penyimpanan persediaan, penjualan serta distribusi logistik yang digunakan oleh pengelola tersebut. Dengan kata lain, modul ini merupakan aplikasi gudang yang digunakan oleh suatu bidang usaha atau industry baik kecil maupun besar untuk mengelola pencatatan dan pelaporan persediaan barang.

2. ) Sumber Daya Manusia Salah satu asset terbesar yang dimiliki perusahaan adalah sumber dayanya. Sumber daya manusia yang terbatas harus dikelola dengan baik dan dikembangkan secara terukuragar alokasinya tepat sasaran. Sebab dan akibat yang sudah di alami masa pandemic adanya keterbatasan sumberdaya sehingga mengakibatkan angka pengangguran yang meningkat.

3. )  Business Process Support Setiap bidang usaha memiliki arus kerja dan solusi industri yang terkait satu sama lain. kedua hal tersebut biasanya digunakan sebagai alat kendali atas apa yang berada di setiap unit fungsi di dalam proses bisnis dan industry.

Investasi bagi pelaku bisnis juga diharapkan dapat diandalkan agar menciptakan iklim kerja yang kondusif berorientasi hasil yang merupakan inti dari sebuah transformasi digital.

"Di masa pandemi ini, kami berharap teknologi Cloud ERP ini bisa membantu pelaku UMKM di Indonesia memiliki manajemen

yang lebih baik, inovatif berkelanjutan dan tumbuh melesat tidak hanya di pasar domestik sekaligus juga di pasar Asia dan dunia,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun