Mohon tunggu...
Muhamad Pidie Maulana
Muhamad Pidie Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Olahraga

Hallo kawan - kawan ! Disini saya ingin berbagi pengalaman baik itu kepada masyarakat, kerabat, teman ataupun yang lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kontribusi Mahasiswa KKN Kelompok 80 Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Cilame RW 15

10 Agustus 2022   00:17 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:24 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sekelompok mahasiswa UPI sedang melaksanakan KKN dimana program kerja tersebut tertuju pada kegiatan posyandu Rw 15 di Desa Cilame. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa KKN Tematik UPI dari kelompok 80 mencoba untuk melakukan pendampingan kegiatan Posyandu di desa Cilame RW 15.

Kegiatan Posyandu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan wilayah.

Di Desa Cilame RW 15, kegiatan Posyandu dilakukan di minggu ketiga setiap bulan. Kegiatan yang dilakukan berupa penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), keluarga berencana, dan pemantauan status gizi di Posyandu. Kegiatan Posyandu ini sebenarnya dikelola oleh ibu-ibu PKK setempat yang dikoordinir oleh kader masing-masing dan diawasi oleh ibu bidan.

Untuk kegiatan program kesehatan ibu hamil Posyandu dari Desa Cilame RW 15 melakukan senam ibu hamil di desa, sedangkan untuk program Keluarga Berencana terdapat kegiatan safari KB IUD, implan gratis, BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) yang dilakukan pada bulan Agustus dan imunisasi campak. Sementara untuk kegiatan pemantauan gizi Posyandu Desa Cilame RW 15 selalu diberi bantuan PMT dari Puskesmas setempat.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan