Mohon tunggu...
M Padli
M Padli Mohon Tunggu... Mahasiswa - seorang mahasiswa stei sebi

anak ke 4 dari 7 bersaudara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Tips Menjadi Mahasiswa yang Produktif

1 September 2021   09:50 Diperbarui: 1 September 2021   09:59 136 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mahasiswa identik dengan sebutan agent of change, dimana dari mahasiswa diharapkan lahir orang-orang yang dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi sebuah negara. 

Tentunya untuk menjadi agen perubahan mahasiswa harus dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena tidak sedikit mahasiswa yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik, menggunakannya hanya untuk hal-hal yang sia-sia atau digunakan untuk menyibukkan diri dari kegiatan yang tidak bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar

Kita harus dapat membedakan antara mahasiswa yang produktif dengan mahasiswa yang hanya sekedar sibuk. Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang dapat memanajemen waktunya dengan baik dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri atau juga bisa untuk orang lain. 

Sedangkan mahasiswa yang hanya sekedar sibuk hanya melakukan banyak hal namun tidak bermanfaat bagi yang lainnya

Menjadi nahasiswa yang produktif bukanlah suatu hal yang mudah. Terkadang sering kali rasa malas menghantui kita jika suatu saat kita ingin mencoba untuk menjadi mahasiswa yang produktif. 

Produktif dalam artian kita mampu untuk menjadi mahasiswa yang tidak biasa biasa saja. Namun demikian, menjadi mahasiswa yang produktif bukan juga sebuah kemustahilan untuk kita terapkan dalam kehidupan kita di kampus

Berikut 5 tips yang dapat kalian lakukan untuk menjadi mahasiswa yang produktif :

  • Dapat memanagement waktu sebaik mungkin, Kemampuan yang perlu diperhatikan agar kamu dapat menjadi mahasiswa yang produktif adalah kemampuan dalam memanagement waktu dengan sebaik-baiknya. 

  • Waktu akan terus berjalan, dengan ataupun tanpa kegiatan. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan agar waktu kegiatan kalian menjadi teratur adalah dengan membuat list agenda yang akan kalian lakukan beserta detail waktunya. 

  • Dengan begitu harapannya waktu yang ada dapat kamu isi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia

  • Beristirahat yang cukup, Salah satu tips agar kamu dapat menjadi mahasiswa yang produktif adalah dengan menjaga waktu istirahat yang cukup. Layaknya handphone yang harus kita charger jika sudah lowbat, tubuh kitapun perlu istirahat sebagai bentuk charger kepada tubuh kita yang telah digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas kampus. 

  • Bagaimanapun juga kamu harus menyempatkan waktu untuk beristirahat walaupun dengan begitu banyak tugas yang harus kamu selesaikan. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar, tubuh menjadi lebih rileks, dan dapat menigkatkan produktivitas sebagai mahasiswa

  • Mencari pengetahuan diluar kelas, Kita sebagai mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam segi mencari ilmu pengetahuan baik didalam maupun diluar kelas. Mencari ilmu tidak hanya kita lakukan didalam kelas Bersama para dosen pengajar serta referensi bukunya, melainkan kita juga harus mencari tambahan ilmu dari luar kelas. 

  • Karena barangkali ada pembelajaran yang kita tidak dapatkan jika kita hanya mengandalkan pembelajaran di dalam kelas sebagai sumber ilmu yang ada.  

  • Rajin berolahraga, Sebagai seorang mahasiswa kita sangat perlu untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan rileks, salah satunya adalah dengan cara rajin berolahraga secara teratur. Kita bisa mulai berolahraga dari yang terkecil seperti sedikit peregangan setelah mengerjakan tugas ataupun bisa dijadwalkan setiap seminggu 4 kali dengan durasi 30 menit/hari.

  • Mengikuti perlombaan, Tips yang terakhir untuk menjadi mahasiswa yang produktif adalah dengan rajin mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh berbagai kampus, perusahaan, dan organisasi. Dengan mengikuti berbagai perlombaan kamu akan mendapatkan pengalaman baru serta relasi yang lebih luas. 

  • Jangan putus as ajika kamu tidak berhasil menang dalam satu atau dua lomba, kamu bisa mencobanya lagi di perlombaan yang lain. Karena kekalahan hanyalah sebagai kemenangan yang tertunda dan pengalaman lah yang menjadi lebih penting dari itu semua.

 Memang kehidupan di kampus penuh dengan pilihan. Kamu mau segera bergerak atau akan terus bersantai dengan hal yang sia-sia. Semua pilihan ada di tanganmu dan pastikan pilihanmu adalah yang terbaik untuk masa depanmu

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar menjadi mahasiswa yang produktif. Semoga dapat bermanfaat ya, semangat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan