Abe Wibowo
Abe Wibowo Writing for fun !

Traveler, Movie Reviewer, Music Listener, Books Reader and my life is like a neverending journey

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Star Wars: Original Trilogy (1977-1983)

7 Desember 2017   12:26 Diperbarui: 8 Desember 2017   17:09 334 1 0
Star Wars: Original Trilogy (1977-1983)
Skema 3 Trilogi Star Wars

Film Star Wars episode VIII:  The Last Jedi sebentar lagi akan rilis, tapi mungkin kita bingung mengikuti alurnya karena film ini sudah melangkah hampir menuju 8 episode. Apalagi kita dipusingkan dengan mengikuti urutan waktu atau episodenya. Nah, mari kita mesti kenali dulu dengan plot cerita Star Wars ini. Plot ini dibagi dalam 3 trilogi: Original Trilogy (episode IV-VI), Prequel Trilogy (trilogi yang mengisahkan cerita sebelumnya, episode I-III), dan Sequel Trilogy (trilogi yang menceritakan kisah selanjutnya, episode VII-IX). Dari berbagai informasi, Disney seperti tak rela film ini akan berakhir di episode IX. Maka, ada rencana baru untuk meneruskan Star Wars dalam skema trilogi baru. Entah, jadi apa nama trilogi tersebut nanti. 

Mari kita simak Original Trilogydari Star Wars ini. Disebut original trilogy karena trilogi ini ini menjadi awal mula sekaligus inti dari kisah Star Wars. Gambaran ringkasnya kurang lebih begini. Plot kisah Star Wars dimulai dari periode sebelum adanya bumi tercipta di galaksi yang sangat jauh. Di sana terdapat suatu peradaban besar yang sudah berevolusi, dengan teknologi yang canggih dan memiliki tatanan hidup tersendiri, tentunya dengan sistem pemeritahan yang menyatukan semua suku bangsa dan ras antar planet.

A New Hope
A New Hope

Nah di Episode IV : A New Hope (1977) diceritakan bahwa sistem pemerintahan yang disebut Old Republic di dalam suatu senat sempat mengalami keretakan politik. Hal itu disebabkan oleh provokasi pihak The Galactic Empire yang digembongi Para Sith. Perang bintang tak bisa dihindari. Salah satu keturunan Organa, bagian dari sesepuh senat, yaitu Princess Leila Organa (Putri Leila) mencoba keluar dari serangan tersebut, menyelamatkan diri dan berupaya menghimpun kekuatan baru bersama punggawa Jedi Knights (para Ksatria Jedi) yang akhirnya berkumpul menjadi Rebel Alliance

Para Ksatria Jedi juga sempat kehilangan suara di dalam senat, mereka berpencar dan mempercayakan Obi-Wan Kenobi mencari dan menemukan salah satu kandidat Jedi yang dipercaya mampu mengalahkan para Sith. Di padang pasir Tatooine, Obi Wan Kenobi menemukan Luke Skywalker yang menjadi Jedi terpilih. Luke secara perlahan secara perlahan diajak Obi Wan Kenobi untuk melihat skala besar perang bintang dan perpecahan politik. 

caracters03-5a28ce3e6d1286653472c9c3.jpg
caracters03-5a28ce3e6d1286653472c9c3.jpg

Secara perlahan pula, Luke mulai mengenali musuh utamanya Darth Vader, tokoh antagonis dengan Jubah dan Pelindung kepala hitam dengan suara alat bantu nafas yang khas. Darth Vader adalah si pemimpin pasukan The Galactic Empireyang memegang kendali atas Death Star, satu kapal induk angkasa besar yang siap untuk menginvasi Old Republic. Salah satu pendukung dadakan yang awalnya hanya memiliki motivasi ekonomis yaitu Han Solo bersama temannya Chewbacca yang menjadi pilot kapal sewaan Millenium Falcon akhirnya tanpa sengaja terlibat ikut membantu. Bentuk plot dalam skema besar di episode ini diisi dengan dialog humor dengan gaya droid (androids-robot) R2D2 dan 3-CPO yang cukup memberi kesan era maju peradaban Star Wars. 

Maka tak heran, A New Hope sepertinya menjadi jalan pertama menemukan harapan di tengah gonjang-ganjing politik Perang Bintang. Apalagi gonjang-ganjing ini sudah dimulai sejak di adegan pertama dengan banyaknya adegan perang, tembak-menembak dan sabetan Lightsaber dari para Jedi dan Sith. Pada episode ini, Luke kehilangan gurunya Obi Wan yang telah dikalahkan Darth Vader. Di sanalah Luke Skywalker mengumpulkan keberaniannya untuk menjadi Jedi sejati.

The Empire Strikes Back
The Empire Strikes Back

Pada episode V: The Empire Strikes Back  (1980) plot semakin menunjukkan agresi The Galactic Empire yang ingin menghancurkan The Old Republic, para senat terpecah, perang saudara makin tak bisa dihindari. Namun, Rebel Alliance juga terus berupaya menghimpun sekutu baru seperti Lando Calrissian. Kelompok Rebel Alliance ini bersembunyi di Echo Base untuk menyusun kekuatan menghancurkan Death Star. Sementara itu, Darth Vader, di satu sisi, mulai mengetahui bahwa masih ada calon Jedi yang tersisa yaitu Luke, ia berniat menghancurkannya. Luke, di sisi lain, menyimpan dendam terhadap Darth Vader, tetapi ia belum mampu mengerahkan seluruh kekuatan Ksatria Jedi dalam dirinya. Ia nekad berperang dengan menjadi pilot armada terbang bersama pasukan Lando. 

Rebel Alliance kembali mengalami kekalahan, sarang Echo Base diketahui stormtroopers, hingga mereka memilih mundur karena menghadapi kekuatan Empire yang memiliki kekuatan menyerang jauh lebih banyak. Echo Base diserang, pasukan tercerai-berai. Pada saat kekalahan itu, Luke mengikuti suara hatinya melalui saran Roh Obi Wan Kenobi untuk berguru pada Master Yoda, sosok spesies hijau pendek yang ternyata telah hidup 800 tahun. Master Yoda adalah Grand Master yang melatih banyak kandidat Jedi, tetapi kini tinggal menyepi di planet Dagoba

Master Yoda melatih mental, fisik, dan spiritual Luke Skywalker untuk mengalahkan rasa dendam agar menemukan kekuatan sejati Jedi. Gaya ini sepertinya terinspirasi dari pelatihan gaya samurai. Yoda menjadi simbol seorang Jedi yang peka terhadap The Force.Keunikannya ditambah dengan tata bahasa dialog Inggris yang unik. The Forcedalam konteks para Jedi adalah kekuatan utama dalam inti semesta, seperti chi, Ultimate Beingyang memberi kekuatan sesungguhnya bagi para Jedi untuk mengalahkan The Dark Side of The Force

Seperti sebuah teori Yin-Yang, dimana para Jedi harus menemukan keseimbangan hidup.  Di sinilah Luke dipersiapkan untuk melawan Darth Vader. Sementara itu Rebel Alliance tak kenal menyerah menghimpun tenaga dan sekutu untuk mengatur strategi melawan The Galactic Empire.Di dalam episode ini, bumbu romantisme hubungan Hans Solo dan Princess Leila menjadi cerita penting yang mempengaruhi sequel trilogi.Mereka berdua mulai merasakan ada jalinan cinta antar mereka yang memotivasi Han Solo untuk tetap bergabung dengan Rebel Alliance.

Return of The Jedi
Return of The Jedi

Di Episode VI: Return of The Jedi(1983), episode pamungkas dalam original trilogy ini, menceritakan perkembangan Rebel Alliance yang bertemu dengan sekutu-sekutu baru seperti Wicket W. Warrick salah satu pemimpin dari kelompok tribal para mahluk Ewok. Begitu pula Luke mulai menemukan kekuatannya sebagai Jedi, walau harus bersedih kehilangan Master Yoda yang telah berupaya melatihnya. 

Master Yoda wafat dengan tenang setelah berhasil melatih Luke, sang Jedi terpilih. Luke mulai kembali ke kawanan Rebel Alliance, menyelamatkan sahabat-sahabatnya, termasuk Han Solo dan Princess Leila. Di sini mulai terungkap bagaimana salah satu anggota senat, yaitu Emperor Palpatine, telah menggerogoti The Old Republic dari dalam hingga menimbulkan perang saudara. Dia adalah Lord Sidious, pimpinan geng para Sith, salah satu pemegang kendali The Galactic Empire

caracters02-5a28cdc7cf78db5e4a5ee644.jpg
caracters02-5a28cdc7cf78db5e4a5ee644.jpg

Kini perlawanan Rebel Alliance membuahkan hasil, para stormtroopers kocar kacir, Death Star hampir dilumpuhkan. Pertarungan Luke dan Darth Vader menjadi laga pamungkas. Di sinilah adegan yang mengharukan terjadi, ketika Luke hampir menghancurkan Darth Vader, terungkaplah relasi keluarga yang melingkar dalam drama epic ini. Darth Vader adalah Anakin Skywalker. Dia adalah ayah kandung Luke Skywalker, dimana Luke memilki saudara kembar Princess Leila. Luke Skywalker dengan sedih merelakan Darth Vader/Anakin Skywalker- sang ayah, mati di dalam pelukannya. 

Maka, rasa dendam berubah menjadi rasa pengampunan, sekalipun The Old Republic berhasil direbut kembali, perang bintang akan terus berlangsung. Di sinilah simpul dari Star Wars, seperti halnya perang Mahabaratha dimana Pandawa melawan Kurawa, relasi keluarga yang dihancurkan karena cinta dan benci. Star Wars menjadi sebuah pelajaran moral dalam sebuah film fiksi yang modern.