Mohon tunggu...
Moudi Agriana
Moudi Agriana Mohon Tunggu... Mahasiswa

universitas muhammadiyah riau

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Generasi Penerus Bangsa

27 Oktober 2020   12:45 Diperbarui: 27 Oktober 2020   13:34 20 1 0 Mohon Tunggu...

Generasi muda adalah generasi harapan bangsa. Peranan pemuda dan mahasiswa tentunya sangat diperlukan untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini. Generasi muda dideskripsikan sebagai kelompok, golongan atau kaum muda.  Indonesia butuh pemuda yang baik, loyal, dan bertanggung jawab. Indonesia membutuhkan pemuda yang tidak hanya omong kosong, tetapi membuktikan semua yang kita lakukan, dengan hal kecil itulah kita bisa membangun kepercayaan orang lain.

Masa muda dapat dipandang sebagai suatu tahap dalam pembentukan kepribadian manusia dalam proses mencari jati diri. Pada saat ini, kaum milenial tumbuh beriringan dengan hadirnya media sosial. Mereka akan sangat menghargai dan termotivasi jika diberikan kesempatan untuk berbicara, berekspresi, dan diakomondasi ide-idenya oleh orang lain. Pemuda harus bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan untuk menempa diri.

Sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, mengingatkan kita dengan kaum muda dimasa lampau, dimana mempunyai semangat berjuang yang tinggi melawan penjajah-penjajah dalam upaya memperjuangkan dan mempertahankan  bangsa ini. Karena pemudalah yang dapat merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan tumpuan para generasi terdahulu.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi bersama. Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara ini tidak hanya terdiri atas golongan suku, ras dan agama, tetapi banyak sekali golongan yang ada ditanah air kita tercinta.

Peran pemuda sebagai penerus bangsa adalah tertanamnya jiwa semangat perjuangan yang tinggi pada generasi muda baik pada masa sekarang maupun masa terdahulu. Walaupun kegagalan sering dialami oleh para pemuda Indonesia, tetapi perlu diingat kembali untuk tidak mudah menyerah karena sebenarnya kegagalan merupakan suatu awal dari kembakitan dan juga kesuksesan. Semangat yang tinggi juga harus diraih dengan menerapkan makna sumpah pemuda dan jugak makna kemerdekaan Indonesia.

VIDEO PILIHAN