Mohon tunggu...
Motulz Anto
Motulz Anto Mohon Tunggu... Freelancer - Creative advisor

Pemerhati Kebijakan | Wacana Sosial | Pengamat dan Penikmat Kreativitas, Pelaku Kreatif | Ekonomi Kreatif | motulz.com | geospotter.org | motulz@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan Kreativitas SMK

3 Februari 2023   14:17 Diperbarui: 3 Februari 2023   14:26 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu segmen video buatan anak-anak SMK/Dokpri

Anak SMK memang tidak mendapatkan mata pelajaran khusus yang berkaitan dengan kreativitas, jadi mau tidak mau keinginan harus muncul dari si anak sendiri. Ini yang disebut dengan minat.

Saya pernah cerita bagaimana saya berkenalan dengan beberapa anak SMK yang begitu berminat untuk melatih kreativitas agar bisa terjun ke dunia kerja kreatif. 

Saya bilang cara yang mudah dan cepat adalah semacam kerja praktik. Jadi anak-anak ini harus mencoba dan merasakan bekerja di industri kreatif. Selain IndonesianaTV, pihak yang memberikan kepercayaan kepada anak-anak SMK ini untuk meng-eksekusi pekerjaan mereka adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Tentu saya berkewajiban mendampingi anak-anak SMK ini ya...

Tugas anak-anak ini adalah mengeksekusi video animasi 3D pariwisata Jawa Tengah. Agar mudah dan cepat, diputuskan pembuatan animasi 3D ini dengan menggunakan Unreal Engine. Yang pertama, mereka harus memindai beberapa obyek khas Jawa Tengah menjadi aset 3D. Proses ini yang pernah saya ceritakan beberapa waktu lalu lewat cara photogrammetry dengan bantuan AI (artificial intelligence)

Dari aset 3D tadi dirangkai menjadi sebuah cerita pendek. Prosesnya lumayan tidak sebentar, karena buat anak-anak SMK ini butuh dibimbing masalah "rasa". Referensi menjadi hal penting dan memudahkan bagi mereka untuk bisa melihat dan merasakan, gambar yang bagaimana sih yang disebut bagus, keren, asik, enak dan seterusnya.

Salah satu segmen video buatan anak-anak SMK/Dokpri
Salah satu segmen video buatan anak-anak SMK/Dokpri

Sejauh ini, saya menemukan keasikan dan keseruan sendiri bekerjasama dengan anak-anak SMK yang begitu minat dengan teknologi dan industri kreatif. Gara-gara proyek ini, mereka pun kini menjadi tertarik mendalami ranah kebudayaan. 

Harapan saya sih, semangat dan minat ini bisa menular ke teman-teman SMK lainnya. Dengan begitu maka akan lebih banyak lagi negeri ini punya tenaga-tenaga dan praktisi kreatif, yang melek teknologi dan peduli dengan kebudayaan. Seru kan?

Semoga video promosi pariwisata Diskominfo Jawa Tengah ini bisa lekas rampung dan lekas bisa ditonton kita semua, termasuk  teman-teman SMK yang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun