Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bunda Maria Diangkat ke Surga

14 Agustus 2022   21:21 Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:21 366 25 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto  dari  Chalolik . com

BUNDA  MARIA  DIANGKAT  KESURGA

Setiap  tanggal  15  Agustus  Gereja  Katolik  merayakan  pesta “Bunda  Maria  diangkat  ke Surga”  dengan  jiwa  dan  raganya. Umat  Katolik  menghormati Bunda  Maria (  bukan  menyembahnya)  karena dari  Marialah  lahir  Yesus  Sang Emmanuel, Penebus  terjanji yang  kami  percayai  sebagai  Allah  Putera  yang  menjilma  menjadi  manusia.

Ribuan  tahun  sebelum  Yesus  Sang  Mesias  terjanji  lahir, Allah  telah  memproklamirkannya  lewat  para  Nabi, bagaimana  Mesias  itu  akan  lahir, dikota  Betlehem, bahkan  bagaimana  kematian-Nyapun  telah  diramalkan,dan  tergenapi. Oleh  karena  itu  apa  yang  dikatakan  Yesus semasa  hidupnya  sungguh  terpenuhi :  “  Aku  datang  bukan  untuk  meniadakan  Hukum  Taurat, bahkan  satu  titik atau  iotapun  tidak, Aku  datang  untuk  menggenapinya”(  bdk Matius 5:17-18 )

Pesta  Bunda  Maria  diangkat  ke Surga  dengan  jiwa  dan  badannya, ditetapkan  dalam “ dogma Munificentissimus  Deus ”,pada  tanggal 1  November 1950 oleh  ajaran  Paus Pius ke  XII. Doktrin  ini  ada  hubungannya dengan  Dogma “  Immaculate  Conception  (  Maria  dikandung  tanpa  noda  dosa, yang  diajarkan oleh  Paus  Pius IX pada  8  Desember 1854, sebagaimana  yang  dikatakan  oleh  Bunda  Maria  sendiri  sewaktu  menampakkan  diri  kepada  gadis  sederhana, yaitu  Bernadette  Souberous di  Lourdes.

Dalam  sejarah  keselamatan, Maria  gadis  dari  Nazareth  itu  mengambil  bagian  penting, telah  dipersiapkan  oleh  Tuhan, untuk  melahirkan  Sang  Penebus, banyak  hal dapat  kita  jumpai  ramalan  para  nabi  tentang  Maria. Faktanya  bisa  dibaca  dalam  Injil bahwa  Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,waktu  itu  disebut  pada  bulan  yang  keenam.

Maria seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud. Malaikat Gabriel menyampaikan salam kepada Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."

Maria sadar  akan  keberadaan  dirinya  dan  menjawab malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Malaekat  tidak  hanya  berkata  itu  saja  kepada  Maria, Malaekat  mengatakan  bahwa  saudari  semendanya yang  bernama  Elisabeth (  istrri  imam  Zakharia )  akan  mengandung  dimasa tuanya, bahkan  sudah  dianggap  mandul, dan  kini  Elizabeth  sudah  mengandung  pada  bulan  yang  ke 6. Setelah  menyampaikan  khabar  itu, Gabriel  malaekat  Tuhan  itu  pergi  meninggalkan Maria.

Maria  hanya  bisa  menyimpan rahasia  itu dalam  hatinya. Dia  minta  ijin  ke  Yoakim  dan  Anna (  ayah  dan  ibunya)  untuk  mengunjungi  Elizabeth  yang  tinggal  didaerah  penggunungan Yudea, El  Kareem, nama  desanya. Sampailah  dia  di rumah  Elizabeth, dan  dia  melihat  kenyataan  yang  dikatakan oleh  Malaekat  Gabriel bahwa  Elizabeth telah  mengandung.

Keajaibanpun  terjadi  ketika  Maria  memberi  salam  kepada  Elizabeth, melonjaklah  bayi  yang  ada  dalam  kandungannya lalu  Elisabeth  berkata  kepada  Maria :”Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu  sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan