Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Merawat Rambut agar Tidak Rontok dengan Bahan Alami

25 Juni 2021   19:38 Diperbarui: 25 Juni 2021   19:50 832 45 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Rambut agar Tidak Rontok dengan Bahan Alami
Mengkudu dan Daun Mangkokan merawat rambut menjadi kuat dan sehat (dok pri)

Rambutnya  berjuntai  bak  " Mayang  mengurai", kata  perumpamaan  ini  kiranya  menjadi  idaman  para  kaum  hawa, untuk  memiliki rambut yang  lebat, hitam, kuat, mengkilat, tentu  perlu  perawatan  extra. Bagaimana cara kita  merawat  rambut  secara  alami?

Kiat  Merawat  Rambut 

Para  pembaca  yang  budiman  mari  sejenak  berdiam  memperhatikan  diri  dan  tubuh  kita. Berapa  banyak  merek/produk  mulai  dari  ujung rambut  sampai  ujung  kaki  yang  telah  kita  gunakan?  Entah  itu  shampoo, hair  conditioner, sabun  mandi  , body  lotion,dan  yang  lain. Apakah  kita  sungguh  merasa  aman  dan  cocok ?

Setiap  Wanita  bahkan  juga  pria  akan  bangga dan  bahagia  tentunya  jika  mempunyai  rambut  indah, hitam, lebat dan  kuat.

Pada  tulisan  ini  saya  akan  focus  tentang  perawatan  rambut yang  secara  turun  temurun  diajarkan  oleh  nenekku. Terus  terang  saya kagum, pada  usia  yang  hampir  kepala  7  nenekku  tidak  memiliki  uban. Perawatan  rambut  dan  yang  lain  dibuat  sendiri  dengan  bahan-bahan  alami  yang  mudah  ditemukan  di sekitar  kita, terutama  untuk  mengatasi  kerontokkan  rambut, serta  membuat  rambut  lebih  sehat.

Sering  terjadi  banyak  orang  mengalami kerontokkan rambut, meskipun  sudah  berganti  samphoo, bahkan  semakin  ganti  samphoo, semakin rontok. Apa  sih  penyebab  kerontokkan  rambut ? Yuk, cari tahu dulu beberapa hal yang bisa menjadi faktor rambut rontok.

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu karena  faktor genetik, stres berlebih,  salah  merawat rambut , kondisi medis, dan kekurangan vitamin sebagainya.

Faktor Genetik

Rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jika  kedua orang tua kita memiliki riwayat rambut rontok, maka risiko terjadinya kerontokan rambut bisa  juga  menurun  ke kita,  kemungkinan ini semakin besar  terjadinya kerontokan rambut.

Biasanya terjadi secara bertahap seiring bertambahnya umur. Jika kita tidak mengatasinya dengan baik, jumlah helai rambut yang rontok akan semakin banyak seiring bertambahnya usia kita.

Stres Berlebih

Seseorang  yang  mengalami  tekanan fisik, stres, depresi, atau yang berat juga bisa  mengakibatkan  rambut rontok. Namun, kerontokan rambut karena faktor stress. Namun  hanya bersifat sementara. Artinya, saat  suasana  hati kembali  tenang, pikiran  damai dan situasi  membaik, kondisi rambut juga akan ikut normal kembali. Masalah rambut rontok yang disebabkan karena stres bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

Perawatan Rambut yang Salah

Hal lain yang perlu diperhatikan supaya kutikula rambut tidak  rusak  adalah bagaimana  kita  penggunaan produk dan alat styling rambut seperti hair dryer, catokan, hair gel, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN