Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Yang Hitam dan Menawan

26 November 2020   13:10 Diperbarui: 26 November 2020   13:16 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
karyaku dari kertas foto ( dok pri )

Para  pembaca  yang  budiman, pada  kesempatan  ini  saya  ingin  mensharingkan  hobi  lama  yang  muncul  kembali, di saat  pandemic ini  Saya  biasanya, jalan, muter  mengadakan  kunjungan dari  kota  ke  kota visitasi  ke  komunitas  SND (  Sisters  of  Notre  Dame ) dimanapun  berada. Sejak  diberlakukan Lock  Down, saya  pas  tiba  di  Jakarta , setelah  berkunjung   dari  Pulau  Guimaras, Ilo-ilo, dan  Balangan  Bataan  , Philippines.

Dari  putaran  waktu  yang  penuh  kegiatan  dan  sibuk  tentunya, saya  dipaksa  untuk  berhenti tidak  bisa  keluar, semua  karena  situasi. Puji  Tuhan  saya punya  banyak  hobi yang  tentunya positif. Saya  masih  punya  simpanan  kertas  hitam (  hasil  cetak  foto  yang  tidak  jadi ) barang  ini  sekarang  menjadi barang  langka, karena  sudah  tidak  model  lagi  untuk  mencetak  foto, beralih  dengan serba  digital, dan  kalau  mau  cetak  orang  bisa  ngeprint  sendiri. Nah  kisahku  mengawali  hobi  ini gegara hanya  coba-coba.

Tetanggaku  seorang  tukang foto  yang  juga  punya  studio  foto, nah  banyak  kertas  hitam  yang  tidak  jadi  dibuang  di tempat  sampah. Dasar  saya  suka usil  ya  mungkin  kelebihan  energy, saya  ambil kertas  itu, saya oles dengan  ludah, he..he..he, menjijikkan, tapi  itu  sungguh  spotan  yang  kulakukan, trus saya  gores  dengan  kuku, lha  koq keluar  warnanya.

karyaku dari kertas foto (dok pri)
karyaku dari kertas foto (dok pri)
Berawal  dari  coba-coba  akhirnya  kutekuni, kertas  itu  kurendam  dalam  air  kemudian  kulukis. Alat  untuk  melukispun  mudah  didapat bolpen  bekas, silet/cutter, pen yang  aneka  ukuran  yang  biasa  dipakai dengan  tangkai  dan  bisa  diganti-ganti  mata  penanya. Karena warna  akan  muncul  membentuk gambar  yang  bagus  tergantung lembut dan  tegasnya  goresan, juga  ketajaman  mata  pena.

Wah  kalau  sudah  melukis  pada  Si  kertas  ini, asyik  bingit deh, apalagi  kalau  muncul  ide  baru  untuk  berkreasi, tambah  asyiik, bahkan  sewaktu ada perlombaan  melukis  di biara saya  menggunakan  bahan  kertas  ini. Saya  sering  membuat  lukisan  untuk  menghiasi  buku  harianku, untuk  membuat kartu Ulang  Tahun, Pesta  Nama, dan  Pesta  Jubilee  bagi  para  suster  dan  sahabatku. Banyak  yang  memberi  apresiasi  karena  memang  hasilnya cantik dan  unik, serta  lain  dari  kartu  pada  umumnya.

Karyaku dari kertas foto (dok pri)
Karyaku dari kertas foto (dok pri)
Sewaktu  saya  mendapat  tugas  studi  di  Kota  Lontar Kupang. Di komunitas  kami  sepakat  untuk  membuat  sesuatu yang  bisa  menghasilkan  uang, supaya  kami  bisa membantu  kerasulan  di Misi. Maka  kami  yang  hidup  bertiga  ada  yang  mengolah  kebun, ada  yang  membuat  pakaian  untuk  para Calon  Imam, dan  saya  membuat  Rosario  serta  melukis  di  kertas  Foto, laku  laris  manis  kartu  kartu  cantik  saya  titipkan  di  2  toko yang  ada  di kota itu.

Ketahuan  saya  bisa  melukis para  seminaris  banyak  yang  pesan untuk  pelbagai  ucapan selamat, dan  disertai foto  mereka  atau  foto seseorang  yang diberi  ucapan  Selamat.  Karena  pesanan  cukup  banyak, maka  saya  buat  aturan kalau  mau  pesan  paling  tidak  2  Minggu  sebelumnya, jadi  saya  bisa mengatur  waktu. Maklum  saat  itu  saya  sedang  kuliah jadi  berstatus  mahasiswi  yang  tentunya  punya  banyak  tugas dan  tanggung  jawab.

karyaku dari kertas foto (dok pri)
karyaku dari kertas foto (dok pri)
Meski  demikian saya  selalu  punya  waktu  untuk melakukan  hobi  saya, selain  untuk  relaxasi  juga menghasilkan  uang, saya  juga  memberi  les Bahasa Inggris kepada  beberapa  anak. Di  tempat  kost  mesti belanja, dan  memasak  sendiri, namun  saya  lakukan  dan  nikmati dengan  penuh  syukur.Saya indekost  karena, Seminari  Tinggi  tempat  komunitas  kami  jauh  dari  kota, dan  sukar  mendapat  transportasi  waktu  itu.

Nah  kini  hobi  itu  mencuat  lagi  dimasa  pandemic  ini, untung  saya  masih  punya  simpanan  kertas, karena  dulunya  saya  beli  kiloan. Kertas  yang biasanya  dibuang, setelah  tahu  bisa  jadi  karya  seni  yang  unik  dan  menarik, oleh pemilik  toko  sekaligus  studio  foto menjualnya.

Biasanya  lukisan  tersebut  saya  hadiahkan  kepada para  suster  jika  ada  pertemuan  baik  di  tingkat  nasional  maupun  internasional, juga  pada  para suster  kenalan  saya yang  merayakan  HUT  atau  Jubilee  baik  yang  se Tarekat  maupun  yang  dari  Tarekat  lain.  Rasanya  memberikan  hasil  karya sendiri, jauh  lebih bahagia dan  terkesan  bagi  saya  dari pada  harus  beli.  Semoga tulisan  saya  ini  menginspirasi bagi  para  pembaca, terutama  yang mempunyai  hobi  utak  utik  jadi  cantik.***

Oleh  Sr. Maria  Monika  SND

Arikel  ke   182 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun