Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kasih Ibu Menumbuhkan Imanku

24 November 2020   22:32 Diperbarui: 24 November 2020   22:52 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari  ini  kutulis  kisah  untuk  mengenang  kasih  ibuku  yang  tiada  tara. Dengan  air  cinta  sebening  mata  bunda. Mata  bunda yang  bening  senantiasa  menarik,  yang  kutatap  sejak  aku  disusuinya, dibelainya  dikecup,didekap dan  diciuminya,  wajah  yang ceria  senantiasa  tersenyum.

Yang  kurasakan  adalah  kehangatan  cinta  penuh  kasih,  aku  merasakan  denyutan  cinta  kasihnya, dan  kemurnian  hatinya.  Bunda,  ibuku  yang  kucinta hanya  ingin  aku  tumbuh  sehat  dan  cerdas,  dididiknya  aku  dengan kesabaran  dan  cinta penuh  perhatian  dan  tanpa  syarat.

Saya  adalah  anak  pertama  yang  dikandungnya  setelah  bertahun-tahun  pernikahan  dengan  bapakku. Sebelum  itu  ibu  mengambil  anak  perempuan  dari  kakaknya  untuk  memancing kelahiran  seorang  anak.

Setelah  ibu  mengandung, konon  sampai  12 bulan, saya  baru  lahir  didunia  ini. Ibuku  patuh  dengan  segala  adat, dimasukkan  dalam  kandang  kerbau, untuk  merangkak  supaya  saya  cepat  lahir.Ibu  ditangani  Bidan  khusus  untuk  merawat  kehamilannya.

Ketika  saya  lahir, konon  kakek, nenekku takut  melihat  karena  wajahku  penuh  cakaran  kuku (  maklum  seandainya  saya  lahir  normal, seharusnya  sudah  berumur  4  bulan )

Masa  kecilku,  aku  dijaganya  dengan  penuh cinta dan perhatian. Masa  kanak-kanak  hingga  remaja,  kurasa  damai  dan  tentram  bila  aku  pulang  sekolah atau  dari  bepergian kudapati  ibuku  dirumah.  Selalu  disiapkannya  masakan  untuk  kami  dan  makanan  kecil  kesukaan  kami  anak-anaknya.

Ibuku  menjalin  persahabatan  dengan  anak-anaknya  dengan  kelembutan  dan  keceriaan.  Tidak  ada  diantara  kami  anak-anaknya  yang  menyembunyikan  rahasia  kepadanya.  Ibuku  tersayang  adalah  pelabuhan  hati  tempat  dimana  anak-anaknya  berlabuh,  bercerita  ria,  berkeluh  dan  merasakan  rasa  aman  bila  berada  didekatnya.

saya dan ibuku ( dok pri )
saya dan ibuku ( dok pri )
Dalam  pertumbuhan  masa  remajaku saya  belajar  banyak  hal, kesabaran, kepasrahannya  pada  Tuhan  akan  segala  situasi  hidup  yang  dihadapi.

Ibaratnya, hari  itu  ibu  tidak  punya uang, atau  beras  habis, sedangkan  bapakku  belum  gajian, apa  yang  kudengar  dari  Ibuku ? :"  Tuhan  itu  Maha  pemelihara, burung  di  udara yang  tidak  menabur  saja  dibiarkan  menuai, bunga  diladang  yang  tidak  memintal  saja  didandaninya, apa  lagi  kita  manusia  akan  dianugerahi  rejeki  secukupnya "

Dan  selalu  terjadi  mukjijat ada  orang  yang  datang  membeli  dagangannya.Bapakku  seorang  Guru  dan  Kepala  Sekolah  di desa, untuk  memenuhi  kebutuhan  ekonomi  keluarga  ibuku  berjualan  Rujak  pecel, aneka  bubur dan  kolak  didepan  rumah.

Setelah  adikku  yang  no 6  lahir, ibuku  ganti haluan  membuat  kripik  tempe. Usahanya  untuk  membantu  bapakku  memang  luar  biasa, itu  sangat  kukagumi, kami  dididik  untuk  bekerja  keras. Ibu  selalu  mengatakan  kepada  kami :  "  Sekaya  apapun suamimu  nanti, kamu  harus  bisa  mencari  uang sendiri , jadi  wanita  harus  mandiri, jangan  hanya  bisa nyadong (  meminta )  gaji  suami".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun