Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Seorang biarawati Tarekat SND

Biodata Sr Maria Monika SND Lahir di Kota sate Blora tanggal 7 Maret 1961, dengan nama Maria Marcia Veronika Puji Ekowati, sebagai anak pertama dari Bp Agustinus Yosef Suharto DS dan Maria Christina Sutiyah. Masa kecil hingga remaja dilaluinya di Blora. Setelah lulus dari SD Katolik Krida Dharma1974, melanjutkan ke SMPK Adi Sucipto, 1977 masuk SPGNegeri di Blora.22 Juni 1980 masuk biara SND. Semboyan Hidup “Betapa indahnya hidup ini, betapa saya MENCITAI hidup ini Namun hanya ada DIA yang PALING INDAH dalam Hidupku ini. Saya akan selalu bersyukur, mencintai, dan mengabdi DIA dalam hidupku ini Soli Deo” Masa tersiat dan Kaul kekal dijalaninya di Rumah Induk Roma, Kaul Kekal 27 Juni 1990. Th1992 - 1997 studi di Unika Widya Mandira, FKIP jurusan Bahasa Inggris. 1997 -1999 mendapat tugas untuk memperdalam Bahasa Inggris di Kettering England,lulus dari Oxford College & Trinity College London. 1999 Mengikuti Formation for Formator Course di Universitas Gregoriana Roma ( 9 bulan). Sepulang dari Roma mendapat tugas sebagai sekretaris Provinsi. Gemar menulis ,deklamasi, membaca sejak kecil terutama Puisi, dari SD hingga SPG selalu meraih juara dalam baca Puisi. Karya Chairil Anwar & Sapardi Djoko Damono, yang juga merupakan tokoh penulis puisi yang dikaguminya. Psalm of Life” karya Henry Wordwort Long Fellow,serta Puisi - puisi karya Maria Giorgiana Rosetti & Thomas More adalah kesukaannya. 8 Desember 2016 ditunjuk sebagai Provincial SND INDONESIA. Baginya dengan membaca puisi, jiwanya senantiasa disegarkan. Buku Kumpulan Puisi dari tahun 1980 – 1992 berjudul “Simfony Kasih Untukmu diterbitkan oleh Penerbit Kanisius 2008, dan Buku Pendidikan Karakter dari kelas 1 - 6 ditulis bersama 5 rekan penulis lainnya ( Kanisius 2009), Renungan Harian Mutiara Iman ditulis bersama rekan ( Pustaka Nusatama 2010 ).Menulis Halus kalimat Ritmis ( Grasindo 2010), “Ketika Tuhan Menyentuh ( Pustaka Nusatama, 2010 ),Pa, Ma, Kembalikan Surgaku ( Elexmedia 2011), SR, Sahabat Anak-anak merupakan Buku kumpulan pertanyaan anak tentang Iman Katolik ( Sunshine,2012) “ Meniti Jejak Sang Kekasih Jiwa “ ( Media Maxima 2013), “ Semburat Putih Pelangi Kasih “ ( Novel Perdana diterbitkan Elexmedia Komputindo) Aktif menulis artikel rohani & umum di beberapa media cetak ***.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesan dari Conventry Katedral: "Forgiven"

16 September 2020   15:15 Diperbarui: 17 September 2020   22:03 265 19 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan dari Conventry Katedral: "Forgiven"
reruntuhan Conventry Katedral yang masih diabadikan (dok pri)

Para pembaca yang budiman, kali ini saya ingin mengajak para pembaca untuk menjelajah kota Conventry di England, khusunya di Katedralnya. Katedral adalah gereja yang besar yang merupakan kediaman Uskup dan merupakan wilayah Keuskupan dalam Gereja Katolik.

Perjalanku kali ini ke arah kota, pusat administrasi dan borough metropolitan di Inggris dan Britania Raya. Kota ini dibangun di Sungai Sherbourne, yang sebagian besar tetap tersembunyi oleh infrastruktur, meskipun dapat dilihat dari kanal.

Coventry telah menjadi pemukiman besar selama berabad-abad. Coventry dan Bedworth, menjadi yang terbesar ke-20 di negara ini; kota ini diatur oleh Dewan Kota Coventry.meskipun tidak didirikan dan diberi status kotanya sampai Abad Pertengahan. Sejak itu kota ini menjadi salah satu kota terpenting dan terbesar di England. Konurbasi terdiri dari Wilayah Perkotaan

Secara historis merupakan bagian dari Warwickshire, pada sensus 2011, Coventry memiliki populasi 316.915, merupakan kota terbesar ke-9 di Inggris dan ke-11 terbesar di Britania Raya. Ini adalah kota terbesar kedua di wilayah West Midlands, setelah Birmingham

Coventry berada 19 mil (31 km) timur-tenggara Birmingham, 25 mil (40 km) barat daya Leicester, 11 mil (18 km) utara Warwick dan 94 mil (151 km) barat laut London.Coventry juga merupakan kota paling sentral di Inggris, hanya 12 mil (18 km) barat daya dari pusat geografis negara itu di Leicestershire; itu terletak di West Midlands.

keadaan sesudah di Bom (cov.com )
keadaan sesudah di Bom (cov.com )
Setelah tiba di tempat ini yang kulihat adalah ruin/bekas rerutuhan yang masih tegak berdiri dengan altarnya. Dan di sebelahnya dibangun gereja Katedral yang baru, megah sangat modern.

Belajar dari sejarah, ternyata Katedral Coventry yang bibangun pada abad ke-14 dengan gaya Gotic dan di bawah perlindungan Saint Michael dihancurkan Luftwaffe, di Coventry Blitz tanggal 14 November 1940 oleh tentara Jerman.

Konon di altar ada palang kayu yang sebagian kecil terbakar jatuh tepat di atas altar dan membentuk salib. Peristiwa ini menyadarkan rakyat Ingris untuk memaafkan.

Bagaimana kejadiannya?

Pada tanggal 14 November 1940, Kota Coventry dihancurkan oleh serangan bom Jerman yang berlangsung selama lebih dari 10 jam dan menyebabkan lebih dari dua per tiga bangunannya hancur atau rusak.

Keadaan Katedral baru sesudah dibangun (covnow.com)
Keadaan Katedral baru sesudah dibangun (covnow.com)
Coventry dianggap sebagai target yang sah untuk dibom karena sebagai daerah industri besar dan pabrik amunisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x