Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru

16 Juli 2020   23:15 Diperbarui: 16 Juli 2020   23:30 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seminar Pendidikan Karakter kepada Para guru se jak-Bar ( dok pri )

Lahir  sebagai  Keluarga  Guru

Guru  sebutan    itu  begitu  dekat dan  lekat  denganku, kukenal  sejak  masa  kecilku  betapa  tidak!  Bapakku  seorang  guru,  ketika  saya  sekolah  aku  mengenal  dan  menyebut  nama  guru.   Saya  merasa  begitu  disayang  guru-guruku  semenjak  Tk  sampai  SPG  bahkan  di  Perguruan  tinggi  hubunganku  dengan  para  guruku  juga  baik  dan  akrab.  Setelah   dewasa  akupun  menjadi  seorang  guru  ke  lima   adik-adikkupun  akhirnya  menjadi  guru.  Setiap  orang  yang  ikut bergabung  dirumahku,  sebagai  anak  asuh  akhirnya  menjadi  guru, dan  ketika  mereka  menikah  juga  mendapat  jodoh  yang  berprofesi  guru. Dalam  kehidupan  keluarga  besarku  bisa  disebut  komplit  sebagai  guru  mulai  dari  guru  TK sampai  dosen   di  perguruan  tinggi, bahkan dosen  Pasca  Sarjana.

Seminar Pendidikan Karakter kepada Para guru di Bandung ( dok pri )
Seminar Pendidikan Karakter kepada Para guru di Bandung ( dok pri )
Sungguh  predikat  guru  melekat  pada  diriku.  Aku  menyaksikan  kiprah  bapakku  sebagai  guru  desa  yang  mengayuh  sepeda  sejauh  15  km  setiap  harinya, penuh  ketekunan  dan  kesetiaan,  rasa  tanggung  jawab, kegembiraan   yang  terpancar  dalam  menjalankan  tugasnya. 

Saya  kagum  bila  liburan  sekolahku  tiba, aku  diajak  bapak  ke  sekolahnya,  maklum  saya  sekolah  di   SD Swasta  Katolik  waktu  itu, sehingga  jadual  liburnya  tidak  sama  dengan  sekolah  negeri.

 Aku  diajak  bapak  menyusuri  daerah  persawahan  khas  pedesaan  yang  hijau  asri.  Sepanjang  jalan  kudengar  dendang  para  petani  yang  membajak  sawah  atau  menuai  padi,  mereka  disapa  dan  menyapa  bapakku.  Aku  jadi  sangat  bangga  bahwa  bapakku  punya  banyak  kenalan.   

Dikenal   sebagai  seorang  yang  ramah  dan  dihormati  di  desa  itu. Juga  ketika  saya  turun  dari  sepeda para  murid  puteri  mengelilingiku  dan  siap  mengajak  aku  bermain, inilah  kenangan  indah  masa  kecilku. 

Akhirnya  suatu  saat  bapak  diangkat  sebagai  Kepala  sekolah. Dengan  uangnya  sendiri  bapak  membeli  gorden  dan  dijahit  oleh  ibuku  untuk  memperindah  sekolahnya.  Sekolah  desa  dikelilingi  daerah  persawahan,  sejuk  dan  asri.

Sebagai  seorang  guru  bapak  mendidikku  dengan  penuh  kesungguhan,  saya  diajar  untuk  selalu  berkreasi, bertanggung  jawab, disiplin, cermat  menggunakan  waktu  dan  serba  bisa.Sebagai  contoh  meskipun  saya  perempuan  saya harus  memompa  ban  sepeda, menyalakan  lampu  Petromak, membuat  hiasan  pada  Besek ( terbuat  dari  bamboo )  jika  punya  kerja, pokoknya  apa  yang  dikerjakan  Bapak  selalu  diajarkannya  kepadaku.  Diajar  dalam  keadaan  santai  tapi  serius  dalam  mengerjakan  segala  tugas. 

Pernah  suatu  saat  bapak  berkata. " Bapak  memberimu  kepercayaan, boleh  saja  kamu  bermain, tapi  dikelas  kamu mesti  mendengar  dan  memperhatikan  gurumu".  

Saya  dapat  merasakan  bapak  mempercayai  saya  dan  saya  pegang  teguh  kepercayaan  itu  saya  berjanji  untuk  menjadi  anak  yang  dapat  dipercaya  dan  bertanggung  jawab.

  Ada  hal  yang  tidak  kusenangi  sebagai  anak  guru, dan  ini  menjadi  beban.    mengapa?   Jika   saya  naik  kelas  bahkan  menjadi  juara  kelas, pasti  para  tetangga  berkomentar :"  Wajar  saja  naik  kelas  dan  menjadi  juara  kelas, kan  anak  guru".  Andai  saja  saya  tidak  naik  kelas pasti  komentar  mereka : "  Lho  kok  aneh  anak  guru  kok  tidak  naik  kelas".  Inilah pengalaman, pengamatanku  yang  kurasakan  sebagai  anak  guru,dituntut  untuk  serba  bisa  bahkan  pandai  karena  dekat  dengan  orang  yang  bisa  mengajari, orang  yang  selalu  menimba  ilmu  dan  terus  belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun