Mohon tunggu...
Monica PutriWigustira
Monica PutriWigustira Mohon Tunggu... Atlet

Tetaplah mengeluh, tidak usah semangat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Aneh tapi Nyata! Berikut 5 Tradisi Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

14 April 2021   02:07 Diperbarui: 17 April 2021   00:26 698 19 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aneh tapi Nyata! Berikut 5 Tradisi Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui
Gambar: merahputih.com

Sadar nggak sih? Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak suku dan budaya dengan tradisi yang beragam?

Yes..dari sabang sampai merauke banyak sekali tradisi-tradisi yang berbeda di tiap-tiap daerah. 

Tradisi adat istiadat masih dijaga loh hingga saat ini. Penasaran tradisi unik apa saja yang bikin Indonesia berbeda dari yang lain? Yuk, langsung aja kita simak!

1. Tradisi Potong Jari – Papua

Taukah kamu? Bahwa Tradisi potong jari yang disebut dengan Iki Palek ini berasal dari Suku Dani di Lembah Baliem Papua. Tradisi yang terbilang cukup ekstrim ini menunjukkan rasa kehilangan dan kesedihan yang mendalam terhadap anggota keluarga yang telah meninggal. 

Sebagian besar yang melakukan tradisi tersebut adalah wanita, sedangkan Pria menunjukkan rasa sedihnya dengan memotong kulit telinga. Jari disimbolkan sebagai bentuk harmoni, persatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga.

Wahhh, cukup ekstrim bukan?

2. Pasola – Sumba Barat

Gambar: merahputih.com
Gambar: merahputih.com
Pasola merupakan salah satu adat upacara yang berasal dari masyarakat Sumba Barat, bisa dibilang cukup “ekstrim”. Inti dari upacara Pasola adalah 2 orang yang menunggangi kuda masing-masing serta membawa senjata lembing yang terbuat dari kayu. Kemudian mereka akan menyerang terhadap satu sama lain. Upacara ini dilakukan di sebuah ladang yang luas. 

Uniknya, Tradisi ini disaksikan oleh seluruh warga sebagai hiburan. Konon, darah dari kedua orang yang menetes di ladang itu akan membantu tanaman petani menjadi tumbuh subur dan sehat. 

Anehnya lagi, jika ada korban dari pertarungan tersebut, korban dianggap sebagai sosok bersalah, karena dianggap telah melakukan sebuah kesalahan selama ritual berlangsung. Ada yang mau coba?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN