Mohon tunggu...
Monica Boreel
Monica Boreel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Like mate, stop procrastinating

Anything is possible no matter what.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar SDN Babakan Karamat Sukabumi

17 Oktober 2021   22:33 Diperbarui: 17 Oktober 2021   22:51 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Pendidikan merupakan hak segala bangsa. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) yaitu setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Dan salah satu pendidikan yang paling pertama adalah pendidikan dasar. 

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 menyebutkan bahwa tujuan dari pendidikan nasional ialah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Hal ini membutuhkan berbagai macam dukungan dan kontibusi dari berbagai pihak, tak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa yang sejatinya mengabdikan diri pada masyarakat yang kini difasilitasi untuk dapat berkontribusi aktif dalam memajukkan pendidikan nasional, salah satunya dengan program Kampus Mengajar.

Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang disusun dan dirancang oleh Kemendikbud. Program ini merupakan lanjutan dari program Kampus Mengajar Perintis yang telah dilaksanakan pada tahun 2020. Program ini melibatkan peran mahasiswa dari berbagai kampus/universitas yang memiliki beraneka ragam latar belakang pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah dasar dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Program Kampus Mengajar memiliki 3 aspek yang perlu dipenuhi yaitu mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah serta guru. Program ini dikhususkan bagi sekolah daerah 3T yaitu daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal. 

Tidak hanya itu, program Kampus Mengajar juga memfasilitasi mahasiswa untuk mengadakan kegiatan yang relevan dengan latar belakang pendidikan para mahasiswanya. 

Dengan hal itu, pada kegiatan Kampus Mengajar di SDN Babakan Karamat Kota Sukabumi ini terdapat kegiatan tambahan yaitu pemberian layanan bimbingan konseling berupa bimbingan kelompok dan bimbingan kelompok bagi peserta didik.

Bimbingan dan konseling merupakan bentuk layanan bagi peserta didik dalam mengaktualisasikan dirinya secara optimal pada 4 bidang yaitu bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir. Bimbingan kelompok merupakan bantuan pada individu yang dilaksanakan dalam situasi kelompok (Nurihsan, dalam Puluhulawa, Djibran, dan Patiuna, 2017). 

Tujuan dari bimbingan kelompok ini adalah agar setiap anggota kelompok dapat berbicara dan mengeluarkan pendapat, ide, gagasan, tanggapan, bertanggung jawab atas pendapat yang dikemukakannya, menghargai pendapat orang lain, dan menjadi akrab satu sama lain (Prayitno, 2004; dalam Setianingsih & Purwanto, 2014).

Pada pelaksanaannya, program Kampus Mengajar dilaksanakan selama 3 bulan per tanggal 23 Maret 2021-25 Juni 2021. Program ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan; membantu sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terhadap semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan krisis selama masa pandemi; memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan