Mohon tunggu...
Mona Sinta
Mona Sinta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mona Sinta

Filosofi padi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dinamika Kelompok Majelis Taklim Baiturahman

2 Oktober 2022   07:10 Diperbarui: 2 Oktober 2022   07:13 64 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dinamika kelompok oleh Jacobs, Harvill dan Manson (1994);  dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dengan pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok. 

Sedang majelis taklim dapat dipahami sebagai suatu institusi dakwah yang menyelenggarakan pendidikan agama yang bercirikan non-formal, tidak teratur waktu belajarnya, para pesertanya disebut jamaah, dan bertujuan khusus untuk usaha memasyarakatkan Islam (Siregar & Shofiuddin, 2003: 16).kan

Masjid Al-Istiqomah terletak di Desa Rantau Jaya. Beragam kegiatan keagamaan dilaksanakan di masjid ini, yang salah satunya adalah kegiatan majelis taklim. Kegiatan majelis taklim bisa dikatakan sebagai suatu dinamika kelompok dikarenakan dalam kelompok tersebut terdapat lebih dari dua orang yang berkumpul menjadi satu yang antara satu dengan yang lain.

Didalam kelompok tersebut terdapat berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi sesama. Ada nilai positif dan keberuntungan yang didapat bersama. Terdapat norma dalam menjalankan kegiatan ini, hal tersebut dilaksanakan untuk mengatur ketertiban setiap anggota majelis taklim. Contohnya adalah jadwal dimulainya dan berakhirnya pengajian, cara berpakaian, kelengkapan buku dan perlengkapan lainnya yang harus dipenuhi.

Kepemimpinan dilaksanakan oleh ketua pengajian dengan baik. Dalam prosesnya kekuasaan digunakan untuk mengatur anggota kelompok demi terjalannya kegiatan kelompok demi perkembangan pengajian tersebut. Kepemimpinan sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan suatu hal  sesuai tujuan yang telah disepakati bersama. 

Kepemimpinan memuat proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku anggota untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan adalah keahlian untuk mempengaruhi dan menggerakkan beberapa orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, respek, dan kerjasama secara royal untuk menyempurnakan tugas (Field Manual 22-100).

Penulis
Mona Sinta 06151182126006

Mahasiswa Pendidikan Masyarakat

Universitas Sriwijaya

Dosen Pengampu

Dra, Evy Ratna Kartika Waty,M.Pd,. Ph.D

Yanti Karmila Nengsih, S.Pd., M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan