Mohon tunggu...
mommy fox
mommy fox Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Desa

Bismillah, everythng is okay

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

SBY dan AHY Pasang Kuda-kuda untuk Demokrat

20 September 2022   09:44 Diperbarui: 20 September 2022   10:11 147 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
foto AHY dan SBY. Sumber: jawapos.com

Partai Demokrat terlihat mulai memasang kuda-kuda untuk menyambut Pilpres 2024. Bagaimana tidak, akhir-akhir ini pernyataan dari kedua pejabat Demokrat membuat kontroversi. Diawali dari pidato Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang mengatakan akan turun gunung menghadapi Pemilu 2024. Pemicu SBY mengatakan hal tersebut adalah SBY mendapat bocoran soal Pemilu 2024 akan ada ketidakjujuran. 

Hingga saat ini, tidak jelas apa indikasinya sehingga SBY bisa mengucapkan hal tersebut. Disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sempat menyindir Presiden Jokowi dalam pidatonya.

 AHY mengatakan bahwa seluruh pembangunan adalah hasil jerih payah sejak zaman SBY, sementara Jokowi hanya tinggal gunting pita saja.Beberapa waktu lalu, di hadapan 3000-an kader Partai Demokrat, AHY membahas banyak isu, namun kemudian menyindir pemerintah saat ini dan juga Jokowi.

Baik SBY maupun AHY tampak sudah khawatir mengenai Pilpres 2024. SBY sendiri menggunakan kata turun gunung, yang mana SBY akan langsung mengambil alih dan ikut campur dalam kontestasi tersebut. Namun, hal ini justru dibaca sebagai kekhawatiran karena hingga saat ini AHY belum mendapat dukungan Parpol manapun untuk mengusungnya menjadi Capres atau Cawapres menuju 2024.

 Bukankah justru menjadi seperti perasaan takut kalah sebelum bertanding?

Untuk mendukung pernyataan ayahnya, AHY juga menyindir pemerintah dan Jokowi. AHY mengklaim setidaknya 80% infrastruktur di era Jokowi adalah SBY yang membangunnya.

Padahal, jika mau dilihat lagi saat kepemimpinan SBY, banyak proyek insfrastruktur yang mangkrak hingga bertahun-tahun dikarenakan politic will yang tidak bagus. Apa saja proyek infrastruktur itu? Diantaranya;

- Ruas Tol Pemalang-Semarang. Tertunda sejak 2006, kemudian selesai di era Jokowi pada akhir 2018
- 34 Pembangkit Listrik. Jokowi meminta BPKP untuk memeriksa proyek-proyek pembangkit yang mangkrak tersebut
- Ruas Tol Cimanggis-Cibitung. Mangkrak di era SBY, sudah diresmikan Jokowi pada Juni 2022
- Bandara Kertajati Majalengka. Bandara ini adalah salah satu program pemerintah pada 2011, namun bisa diselesaikan Jokori dan diresmikan tahun 2018
- Jembatan Merah Putih. Mega proyek jembatan ini melintasi Teluk Ambon dan mangkrak sejak peletakan batu pertama pada 2011, proyek itu diselesaikan Jokowi pada 2016
- Wisma Atlet Hambalang. Proyek ini sangat terkenal mangkrak hingga kini karena proyek ini sangat besar, mangkrak karena tersandung kasus korupsi, bangunan mangkrak ini sudah menghabiskan biaya Rp2,5 triliun.

Daftar proyek di atas baru beberapa saja peninggalan kepemimpinan SBY yang mangkrak. Sehingga kalimat yang dilontarkan AHY mengenai sindiran gunting pita itu sebenarnya tidak relevan dengan kondisi lapangan.
Demokrat terus mencari celah yang salah. 

Kemarin, AHY juga berfoto bersama Anies Baswedan, Surya Paloh, Syaikhu, dan JK. Foto tersebut tersebar di internet dengan begitu banyak narasi dan asumsi. 

Walau kemudian dikatakan bahwa pertemuan tersebut tidak disengaja di sebuah acara hajatan, namun banyak yang berasumsi bahwa AHY memang berusaha mencari jalan dan celah di antara partai-partai lain. AHY memasang badan siap untuk dicalonkan, sayangnya memang hingga kini belum ada partai yang mengusungnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan