Mohon tunggu...
mommy fox
mommy fox Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Desa

Bismillah, everythng is okay

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Transformasi Cita-cita Generasi Masa Kini

14 September 2022   09:49 Diperbarui: 14 September 2022   10:10 231 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi generasi alpha. Sumber: kompas.com

Generasi milenial sudah saatnya turun panggung. Kini, saatnya generasi Z dan generasi Alpha untuk mendominasi. Usia generasi masa kini itu adalah saat-saat pikirannya mulai terbuka dan belajar cara pandang baru. 

Jika generasi milenial dan generasi sebelumnya, pastilah mengenal profesi-profesi seperti dokter, insinyur, pilot, hingga tentara untuk menjadi cita-cita. Namun, pergerakan zaman membuat cita-cita dan arah pandang generasi muda juga bertransformasi.

Peradaban manusia berjalan dinamis, semuanya terus berkembang, pun dengan ilmu pengetahuan. Generasi old bisa saja kaget dan takjub jika mendengar cita-cita generasi masa kini, karena jawaban mereka bisa sederhana atau bahkan yang tidak pernah dibayangkan. 

Misalnya; menjadi youtuber, konten kreator, selebgram, gamers profesional, enterpreneur, dan lain sebagainya yang tidak lagi seputar profesi itu-itu saja.

Cita-cita semacam itu belum ada di zaman dulu. Mengapa anak-anak memiliki cita-cita yang lebih beragam sekarang? Karena role mode sudah banyak dengan profesi yang bermacam-macam pula. Selain itu, mulai muncul banyak profesi seiring perkembangan zaman mengikuti kebutuhan manusia.

Kini, pekerja atau tiap individu dituntut tidak hanya memiliki knowledge, skill, dan attitude. Ketiganya berkembang lebih jauh dan lebih dalam lagi. 

Cara berpikir mencakup Creativity and inovation, critical thinking, problem-solving, decision making and learning. 

Cara berpikir mencakup komunikasi, kolaborasi, hingga literasi teknologi. Kemudian, life skills yang mencakup Citizenship, life and career, personal and social responsibility.

Banyak potensi pekerjaan yang lahir dalam 10 tahun terakhir, pekerjaan-pekerjaan itu tidak ada di masa lalu. Contohnya; social media management, web developer, UI/UX designer, admin, data analyst, AI specialist, dan masih banyak lagi yang rata-rata bersinggungan dengan teknologi.

Selain teknologi, yang makin harus diasah adalah kemampuan untuk berkolaborasi serta komunikasi.

Hal-hal di atas menjadi baik dan bagus karena kemajuan teknologi memberi dampak begitu besar ke semua lapisan usia hingga mempengaruhi pola pikir dan ambisi masa depan yang ingin ditekuni anak-anak. Tugas sebagai orang dewasa adalah mencarikan jalan untuk anak-anak yang memiliki cita-cita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan