Mohon tunggu...
mommy fox
mommy fox Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Desa

Bismillah, everythng is okay

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jokowi Mendukung Ganjar Pranowo, Untung atau Buntung?

12 Juli 2022   11:25 Diperbarui: 13 Juli 2022   09:12 486 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ganjar Pranowo diundang ke Istana oleh Jokowi

Jelang kontestasi pesta demokrasi 2024, banyak nama yang muncul untuk diusung menjadi Capres atau Cawapres. Koalisi antar partai mulai ramai, ditambah isu-isu lempar tangkap nama. Tentu sudah tidak asing lagi, yang paling sering disebut-sebut adalah; Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Puan Maharani, Ridwan Kamil, dan AHY. Kalau Prabowo dan Cak Imin, bisa dikatakan layer dua, hanya sebagai pemanis di survey saja sementara.

Ganjar Pranowo dan Aneis Baswedan terus bersahut-sahutan. Perbedaan angka yang tipis di beberapa survey juga makin memanaskan suasana, disusul Ridwan Kamil yang juga diam-diam menghanyutkan. Singkirkan dulu soal Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan calon lainnya. Mari bicara soal Ganjar Pranowo.

Posisi Ganjar saat ini agak rentan. Mengapa? Di partainya sendiri, PDIP, Ganjar Pranowo diakui atau tidak diakui memang seperti dianaktirikan. Elektabilitasnya sudah jelas naik, namun masih belum ada lampu hijau dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memasang nama Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Hal itu tentu karena Puan Maharani masih digadang-gadang yang akan menjadi Capres 2024 dari PDIP.

Ganjar Pranowo sendiri selalu jadi 'anak penurut', jika diminta komentar tentang hal di atas, Ganjar selalu menjawab dengan aman; masih mengurus Jateng, atau manut dengan partai. Hal ini tentu menjadikan Ganjar banjir simpati. Betapa tidak, ia adalah orang yang seharusnya dapat gold ticket untuk maju menjadi Capres, namun tersandung oleh Puan Maharani, anak orang dalam. Padahal dukungan untuk Ganjar Pranowo jelas mengalir deras, mulai dari beberapa tokoh dan relawan.

Joko Widodo Presiden RI sudah beberapa kali diisukan memberi sinyal dukungan untuk Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar Pranowo sendiri naik juga disebut karena adanya dukungan dari para loyalis Joko Widodo. Ketika elektabilitas nama calon yang lain stagnan enam bulan terakhir, nama Ganjar justru melejit.

Tidak bisa dipungkiri, pendukung Jokowi di Pemilu 2018 lalu juga pendukung PDIP yang mana pada akhirnya menjadi pendukung Ganjar Pranowo. Puan Maharani juga dari PDIP, namun pendukung juga tahu mana yang berpeluang mana yang tidak. Puan Maharani tidak bisa serta merta disandingkan dengan Ganjar Pranowo karena dari segi kualitas, elektabilitas, dan popularitas saja sudah berbeda. Mayoritas pemilih Ganjar Pranowo adalah dari daerah-daerah yang selama ini merupakan basis massa Jokowi, diantaranya; Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB dan NTT.

Relawan Jokowi yang sering disebut adalah Projo. Ketua Umum Projo menjelaskan bahwa Projo akan menggelar musyawarah rakyat di 34 provinsi Juli 2022. Projo mengikuti arahan Jokowi untuk tidak tergesa dalam menentukan dukungan untuk salah satu tokoh, walaupun begitu tetap saja sudah dapat terbaca jelas bahwa dukungan untuk Ganjar Pranowo diluar menyadari bahwa pada akhirnya keputusan ada di tangan partai.

PDIP melalui Sekjennya telah menyatakan bahwa PDIP tidak hanya memantau hasil survey, tapi memantau juga pergerakan koleltif seluruh elemen. Ketika suara rakyat sudah terlihat dan terbangun, partai akan menentukan dan mempersiapkan desain kebijakan yang akan menjadi visi dan misi presiden dan wakil presiden.

Adanya manuver Jokowi yang memberi sinyal mendukung Ganjar Pranowo sebenarnya agak ngeri, mengingat sikap Megawati dan 

juga Puan Maharani dalam partai. Apakah dukungan Jokowi untuk Ganjar Pranowo justru berefek baik, atau buruk? Untung atau malah buntung?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan