Mohon tunggu...
Eagle Owl
Eagle Owl Mohon Tunggu... Bidan - Beropini

Dear Diary... fooding, traveling, streaming, reading,etc

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bersama Sahabat, Tumbuhkan Kebajikan Hebat

7 Agustus 2022   15:16 Diperbarui: 7 Agustus 2022   15:19 112 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok.pri. makan mie sepiring berdua

Manusia merupakan makhluk sosial, artinya tidak bisa hidup sendiri. Dalam ilmu psikologi sifat manusia di kelompokan pada tiga hal yaitu introvert, ekstrovert dan ambivert. Namun bagaimana dengan orang yang memiliki sifat tertutup, tidak nyaman jika berada bersama banyak orang? Perlu di garis bawahi yah, bukan tidak butuh manusia lain melainkan tidak bisa jika bersama banyak orang seperti orang - orang jenis introvert.

Disebut tidak bisa hidup sendiri , karena manusia saling bergantung dengan manusia lainnya. Contoh kecilnya saja dalam hal makanan, kita ambil saja nasi. Ada orang yang mesti menanam padi sampai bisa di panen. Mengolah padi tersebut sampai menjadi nasi memerlukan proses yang panjang dan dengan banyak campur tangan manusia lain.

Mettasik atau menulis itu asyik bersama Maybank Finance mengadakan event yang mana bertema kan Perubahan itu Pasti, Kebajikan Harga Mati. Kebajikan mettasik ini merupakan salah satu kepedulian dari komunitas mettasik terhadap perubahan yang akan dan sedang terjadi pada kehidupan setiap manusia.

Perubahan jelas terjadi sedari dalam kandungan sampai lahir kedunia, dari bayi, balita, remaja, dewasa sampai manula. Namun sudahkah kita memaknai setiap perubahan yang terjadi dalam hidup? 

Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia pun dalam sila ke 2 yang bunyinya, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Kemanusiaan yang artinya kita harus bisa memanusiakan manusia, bukan hanya sekedar hidup lalu mati . Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita berbuat kebajikan selama kita masih hidup. Harimau meninggalkan belangnya, gajah meninggalkan gadingnya, sedangkan manusia meninggalkan kebajikannya.

Kebajikan tidak melulu soal siapa yang lebih besar ia bersedekah, seberapa sering ia memberi ke panti asuhan, namun seberapa besarnya perubahan yang dibuat oleh kebajkan tersebut, yang tentunya perubahan ke arah yang lebih baik. 

 Contoh nya sosok sahabat. Sekali lagi dikatakan bahwa manusia merupakan makhluk sosial, dengan kita menjadi teman bagi manusia lain, maka kita telah menjadi sosok penting bagi yang lainnya begitupun sebaliknya.

Persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu - kupu, hal yang tak mudah berubah jadi indah. Begitu bunyi penggalan lirik dari sebuah lagu yang berjudul "kepompong" oleh Sindentosca. Sahabat merupakan level kebajikan yang indah. Hal yang sulit, jika bersama sahabat akan terasa mudah.

Fatah dan Rahmi, dua orang anak yang ditakdirkan bersama sejak lahir. Satu Kampung, Sekolah TK, dan sekarang Sekolah Dasar pun bersama. Foto sedang makan sepiring berdua, sebetulnya foto saat kelas 1 SD dan sekarang sudah kelas 2 SD. Dengan adanya event kebajikan mettasik bersama Maybank Finance sehingga kisah ini pun ada.

Kisah kebajikan tentang persahabatan yang bertumbuh dan mengalami perubahan bersama.  Fatah, layaknya anak usia 8 tahun yang mana sedang senang - senangnya bermain dan memiliki teman baru di sekolah, cukup sulit jika diajak untuk belajar di rumah, apalagi mengerjakan tugas rumah atau PR. Namun jika ada Rahmi ia mau belajar, dengan alasan ada teman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan