Mohon tunggu...
Moh Sayful Zuhri
Moh Sayful Zuhri Mohon Tunggu... empatpointenam

Urip mung mampir nulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Gerakan Literasi dengan Boneka Tangan Sederhana

27 Agustus 2020   00:01 Diperbarui: 27 Agustus 2020   00:11 78 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gerakan Literasi dengan Boneka Tangan Sederhana
Mendongeng Menggunakan Media Boneka Tangan Sederhana | dokpri

Pandemi covid-19 membuat banyak pihak merasakan dampaknya baik orang dewasa dan tak terkecuali anak-anak. Apalagi adanya pembelajaran secara daring membuat sebagian besar anak-anak mempunyai tingkat kesulitan masing-masing dalam pembelajaran. Hal tersebut didasari karena faktor teknologi, orang tua, dan masih banyak lagi. 

Faktor teknologi salah satu faktor yang utama dikarenakan tidak semua anak memiliki handphone. Bagi anak-anak kota handphone sudah menjadi barang biasa yang dibawa, namun bagi anak-anak desa handphone adalah barang yang masih mewah dan tidak semua memlikinya. 

Selanjutnya faktor orang tua yang sekaligus menjadi guru ketika belajar di rumah. Tidak semua orang tua bisa menemani anak-anak mereka. Alasan bekerja menjadi alasan yang banyak ditemui, bahkan banyak masyarakat desa yang bercocok tanam di sawah. 

Oleh karena itu pengawasan orang tua sangat penting dalam proses pembelajaran. Meskipun ada beberapa sekolah yang menerapkan sistem home visit, namun semua itu tetap mempunyai sisi positif dan negatifnya masing-masing.

Ice Breaking Sebelum Mendongeng | dokpri
Ice Breaking Sebelum Mendongeng | dokpri

Alasan tersebut membuat mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tergerak untuk melaksanakan pengaidian. Hal itu sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyakarat. 

Salah satu program pengabdian tersebut adalah gerakan literasi. Kegiatan literasi tersebut dilaksanakan dengan cara mendongeng. Cara itu dipilih dikarenakan mendongeng adalah salah satu kearifan lokal yang terdapat di Indonesia. 

Mendongeng sendiri sudah ada sejak jaman nenek moyang dan biasanya diveritakan secara turun-temurun. Mendongeng juga mempunyai manfaat dalam penyampaian informasi terutama kepada anak-anak. Sehingga anak-anak dapat mengerti pesan yang didapat dari mendongeng. 

Boneka tangan sederhana dari kaos kaki | dokpri
Boneka tangan sederhana dari kaos kaki | dokpri

Agar tidak bosan ketika mendongeng akhirnya digunakan media yakni boneka tangan sederhana. Boneka tangan tersebut dibuat menggunakan kaos kaki dan pernak-pernik lainnya agar lebih ekspresif. Sehingga anak-anak dapat membuatnya di rumah dengan mudah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN