Mohon tunggu...
Moh. Rizqi Abdurahman Firdaus
Moh. Rizqi Abdurahman Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa

KKN Tematik 2020

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 UPGRIS Membuat Apotek Hidup

20 September 2020   12:19 Diperbarui: 20 September 2020   12:23 8 4 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 UPGRIS Moh. Rizqi Abdurahman Firdaus,(Kelompok 100) .Yang melaksanakan berbagai program Kerja,Salah satunya adalah Pembuatan Apotek Hidup.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peduli mahasiswa terhadap masyarakat.Pembuatan Apotek Hidup Di Desa Klikiran,Kecamatan Jatibarang,Kabupaten Brebes.

Kuliah Kerja Nyata atau KKN adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.di Indonesia

Kegiatan KKN dilaksanakan Sesuai dengan domisili masing-masing. 

Kegiatan ini merupakan aktualisasi kolaborasi dari Ditjen Dikti Kemendikbud bersama Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal,dan Transmigrasi Republik Indonesia, Rektor Perguruan Tinggi khusunya Rektor Universitas PGRI Semarang serta pemangku Kepentingan terkait (hingga tingkat daerah).


Kegiatan Pembuatan Apotek Hidup Dilakukan dari tanggal (29 Agustus -- 11 September) Kegiatan Ini Dilangsungkan dengan memanfaatkan lahan yang kosong dipekarangan rumah.Penanaman Apotek Hidup merupakan salah satu alternatif pengisi di kala Pandemi Covid-19.Penaman Apotek Hidup terdiri dari Jahe,Kunyit,Temulawak,Sereh,Binahong.

dokpri
dokpri
Dipilihnya bahan-bahan tersebut di karenakan tanaman tersebut mampu meningkatkan imunitas tubuh karena khasiat dari masing-maing tanaman.

Seperti yang Kita ketahui,Jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, jahe diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh yang mampu menangkal Covid-19. Aktivitas antioksidan kurkumin dalam kunyit mengurangi stres oksidatif sampai batas tertentu. 

Curcumin juga bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena infeksi. Menurut penelitian, kunyit dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan tanpa efek samping.Temulawak.Sereh,Dan Binahong juga memiliki zat yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Besar Harapan,Di Masa Pandemi ini Orang Mampu meningkatkan Imunitas Tubuhnya agar dapat menangkal Berbagai Virus.Warga Juga tak Perlu Membeli Produck Jamu sachet cukup dengan mengambil dari Apotek hidup.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x