Mohon tunggu...
MohRizal Amien
MohRizal Amien Mohon Tunggu... Mahasiswa

Suka Catur

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mengenal Ekonomi Basis

11 November 2019   00:44 Diperbarui: 11 November 2019   00:46 0 0 0 Mohon Tunggu...

Location quotient (LQ) adalah cara yang berharga untuk mengukur seberapa terkonsentrasinya industri, klaster, pekerjaan, atau kelompok demografis tertentu di suatu wilayah dibandingkan dengan negara. Ini dapat mengungkapkan apa yang membuat daerah tertentu "unik" dibandingkan dengan rata-rata nasional.

Metode Location Quotient

  • Metode location quotient adalah metode tidak langsung lainnya. Metode LQ membandingkan porsi lapangan kerja/nilai tambah untuk sektor tertentu di wilayah kita dibandingkan dengan porsi lapangan kerja/nilai tambah untuk sektor yang sama secara nasional.Dalam bentuk rumus, apabila yang digunakan adalah data lapangan kerja, hal tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
  • Keterangan:
  • li     = Banyaknya lapangan kerja sektor i di wilayah analisis
  • e     = Banyaknya lapangan kerja di wilayah analisis
  • Li    = Banyaknya lapangan kerja sektor i secara nasional
  • E     = Banyaknya lapangan kerja secara nasional
  • 2e

LQ = 0 : Bukan Sektor Basis

LQ = 1 : Break Event Point

LQ >1 : Basis



  • Jika DLQ > 1, maka potensi perkembangan sektor i di suatu regional lebih cepat dibandingkan sektor yang sama di provinsi

  • Jika DLQ < 1, maka potensi perkembangan sektor i di suatu regional lebih rendah dibandingkan sektor yang sama di provinsi

Dalam istilah yang lebih tepat, hasil bagi lokasi adalah rasio yang membandingkan suatu wilayah dengan wilayah referensi yang lebih besar sesuai dengan beberapa karakteristik atau aset. Misalkan X adalah jumlah beberapa aset di suatu wilayah (mis., Pekerjaan manufaktur), dan Y adalah jumlah total aset dari jenis yang sebanding di kawasan (mis., Semua pekerjaan). X / Y adalah "konsentrasi" regional dari aset tersebut di wilayah tersebut. Jika X 'dan Y' adalah titik data yang serupa untuk beberapa wilayah referensi yang lebih besar (seperti negara atau negara), maka LQ atau konsentrasi relatif dari aset di wilayah tersebut dibandingkan dengan negara adalah (X / Y) / (X '/ Y ').

LQ untuk Industri dan Cluster Industri

LQ Industri adalah cara untuk mengukur seberapa "terkonsentrasi" suatu industri di suatu wilayah dibandingkan dengan wilayah geografis yang lebih besar (lihat posting ini untuk ilustrasi), seperti negara bagian atau negara. Penggunaan dasar LQ industri (dan, juga, untuk cluster dan pekerjaan juga) meliputi:

* Untuk menentukan industri mana yang membuat ekonomi regional unik.

* Untuk mengidentifikasi "orientasi ekspor" suatu industri dan mengidentifikasi industri yang paling berorientasi ekspor di wilayah tersebut.

* Untuk mengidentifikasi industri ekspor yang mulai mulai membawa uang ke wilayah tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x