Mohon tunggu...
Moh Ikhsani
Moh Ikhsani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Indonesia

Sedang belajar menulis. Menulis yang terlintas di kepala.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Isu Perang, Teknologi, dan Homoseksual dalam Film The Imitation Game (2014)

1 Agustus 2022   23:42 Diperbarui: 22 Agustus 2022   11:12 135 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: alamy.com

Apa yang Anda pikirkan dari sebuah perang? Pasti yang terlintas di kepala adalah adanya pembunuhan, adanya mesin perang seperti tank, pesawat tempur, dan kapal perang yang sibuk menembakkan amunisinya. Selain hal-hal itu, perang juga identik dengan politik dan perebutan sumber daya alam.

Lalu, apakah Anda pernah mengira pada 1939-an atau saat perang dunia 2 berlangsung telah ada sebuah mesin penyandi canggih yang memuat pesan rahasia rencana serangan terhadap suatu negara? Jika tidak, film The Imitation Game (2014) akan memberi tahu Anda akan hal tersebut.

Kekuatan militer Jerman dengan kanselirnya saat itu, Adolf Hitler, sulit dibendung oleh negara-negara Eropa. Begitu kuatnya mereka, membuat mereka mudah untuk menaklukkan banyak negara di Benua Biru.

Militer Jerman bisa kuat karena didukung oleh peralatan tempur yang modern dan kemandirian mereka dalam hal alutsista (alat utama sistem pertahanan).

Selain itu, kecerdikan dalam strategi militer, jumlah pasukan yang banyak, hingga terciptanya sebuah mesin bernama Enigma yang berisi pesan rahasia rencana serangan Jerman terhadap negara yang sedang berperang dengan mereka.

Enigma, sebuah mesin yang sekilas bentuknya hampir mirip mesin tik kuno, digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia rencana serangan Jerman melalui kode-kode yang telah dienkripsi dengan setiap harinya mengalami perubahan, hal itu yang membuatnya sulit untuk dipecahkan oleh lawan perangnya.

Film The Imitation Game (2014) berdurasi 1 jam 55 menit menceritakan tentang lima orang ahli, mereka ahli kriptografi dan matematika dari Inggris Raya yang bekerja untuk Pemerintah Inggris Raya dalam mengerjakan proyek rahasia untuk memecahkan kode rahasia dari mesin Enigma.

Sebuah mesin penyandi yang digunakan oleh militer Jerman yang berisi pesan rahasia rencana serangan mereka.

Tokoh utama dalam film tersebut adalah Prof. Alan Turing, seorang matematikawan dengan dibantu empat rekan kerjanya yang ahli dalam hal kriptografi, mereka adalah Hugh Alexandre, John Cairncross, Peter, dan Joan Clarke.

Mereka bekerja di sebuah pabrik radio yang berada di Bletchley Park, Inggris Raya. Mereka bekerja di bawah perintah dari PM Winston Churchill serta dalam pengawasan militer dan intelijen MI6.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan