Mohon tunggu...
Mohammad Farhan
Mohammad Farhan Mohon Tunggu... Servant of Allah

Plan, action, write

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Informasi Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, dari Estimasi Biaya hingga Waktu

23 April 2021   19:29 Diperbarui: 23 April 2021   19:38 797 3 0 Mohon Tunggu...

Bulan Februari tahun lalu, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2020 sebelum covid-19 masuk ke indonesia, saya dan yusron beserta teman alumni sekolahnya pergi untuk mendaki Gunung Sindoro via Kledung.

Keberangkatan awal dari Tangerang menggunakan Bus Arimbi dan pemberhentian terakhir yaitu terminal mendolo (Wonosobo). Waktu selama perjalanan menghabiskan 11 jam sudah dengan istirahat di rest area sebanyak 2 kali.

Setibanya di terminal kami ditawari angkutan yang langsung berangkat ke desa kledung, karena tujuan kami basecamp sindoro via kledung, kami diturunkan di pinggir jalan sebelah warung bude yang berdekatan dengan basecamp sindoro via kledung.

Istirahat sejenak di warung bude, sampai pos simaksi buka. Kami sarapan dan minum teh untuk menghangatkan badan karena suhu di daerah desa kledung cukup dingin. 

Pos simaksi buka pada pukul 08:00/17:00, sebagian tim meminta formulir simaksi untuk mendata jumlah logistik yang dibawa oleh tim kami, karena terdapat peraturan sampah dari logistik yang sudah didata harus di bawa turun kembali dan jumlah sampah harus sama dengan jumlah yang sudah di data. 

Ketua dari tim kami mencatat satu persatu anggota dari rombongan untuk didaftarkan mendaki Gunung Sindoro via Kledung selama 2 hari 1 malam, dan untuk biaya registrasi sendiri hanya 15.000 per orang, serta menahan jaminan Kartu Identitas bagi ketua tim.

Waktu dan Biaya Selama Pendakian

Pos Simaksi - Pos 1 setengah/ojek

Di mulainya awal pendakian sebenarnya pada pos 1 setengah/ojek, karena saya dan rombongan tim menggunakan jasa ojek dengan biaya 25.000 untuk sekali berangkat yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit, dan apabila jalan bisa bisa ditempuh sampai kurang lebih 1 jam. Sebenarnya bukan males atau manja, karena ingin membantu ekonomi warga sana dalam bidang pariwisatanya. Hehe padahal alesan aja.

Pos 1 setengah - pos 2

Jalur yang dilewati masih cukup landai karena memang masih bisa dilalui oleh motor namun tidak sampai pos 2, karena jalur yang tidak terlalu terjal maka waktu yang ditempuh oleh kami adalah 40 menit.

dokpri
dokpri
Pos 2 - Pos 3

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN