Mohon tunggu...
Lapas Kelas IIA Banyuasin
Lapas Kelas IIA Banyuasin Mohon Tunggu... Lainnya - Instansi Pemerintahan

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Optimal Kelola Keuangan, Lapas Banyuasin Borong Dua Penghargaan dari DJPb Kanwil Sumsel

9 Desember 2022   17:21 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:38 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok : Humas Lapas Banyuasin

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan Lapas Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel. Pada hari ini Jumat (08/12), Lapas Kelas IIA Banyuasin meraih dua penghargaan sekaligus dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Negara Kanwil Sumatera Selatan.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru kepada Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa. Pemberian penghargaan berlangsung di Istana Gubernur Sumatera Selatan (Griya Agung).

Kegiatan diawali dengan penyerahan DIPA petikan Tahun Anggaran 2023. Selanjutnya dilakukan penyerahan penghargaan kepada satuan kerja yang berprestasi, salah satunya Lapas Banyuasin. Adapun prestasi yang didapat yakni; Pertama, Satuan kerja dengan nilai IKPA terbaik dengan Nilai 100 kategori Pagu Kecil Semester I Tahun 2022 lingkup DJPb Sumatera Selatan. Kedua, Satuan Kerja dengan Kinerja Akurasi Perencanaan Penarikan Dana Terbaik kategori Pagu Kecil Semester I Tahun Anggaran 2022 lingkup DJPb Sumatera Selatan.

IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi semua satuan kerja yang telah meraih prestasi terbaik. Selanjutnya ia menjelaskan tentang pentingnya kegiatan ini digelar secara seremonial. Hal tersebut karena uang yang akan dikelola ini berasal dari rakyat yang harus dipetanggungjawabkan akuntabilitasnya.

"Akuntabilitas harus selalu diutamakan, kita mulai kelola ini dengan transparan dan penuh kesadaran. Jika hal ini kita lakukan, maka dengan sendirinya pelaksanaan anggaran menjadi akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, sehingga roda perekonomian di Indonesia berjalan dengan optimal," ungkapnya

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, prestasi kali ini merupakan kerja tim Lapas Banyuasin yang sangat solid. Prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh petugas agar lebih meningkatkan kinerjanya supaya dapat meraih prestasi ini di masa-masa yang akan datang.

"Saya sampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran dan tidak larut dalam kegembiraan tetapi lebih memacu dan memicu semangat petugas untuk berkinerja lebih optimal," ujarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun